Forum

You need to log in to create posts and topics.

Penyebab Stang Seher Motor Rusak

Halo Bikers, Kali ini kita akan bahas mengenai pentingnya Kondisi Stang seher motor yang baik untuk berkendara. Stang seher motor bukan merupakan komponen spare part yang harus sering diganti, namun jika kurang perawatannya maka setang seher motor alias connecting rod pasti rusak juga. Ciri paling mudah saat mengenali setang seher rusak ialah dari suara mesin yang berisik atau aneh, misalnya akan terdengar lebih kasar atau seperti oblak.

Ciri-ciri motor kena seher salah satunya ialah di samping suara, ciri lainnya bisa dilihat dari hadirnya asap putih dari knalpot. Yang bisa jadi baru gejala, karena mungkin kerusakannya baru sebatas sil tutup klep saja. Salah satu efek dari kerusakan setang seher ini harus segera ditangani ya. Kalau tidak, maka motor akan kurang bertenaga bahkan bisa mogok bila kondisi setang seher sampai bengkok.

Sebagai tambahan penyebab rusaknya setang seher ialah kondisi oli mesin yang sudah lama tidak pernah diganti. Juga jika memakai motor injeksi modern yang dengan memakai oli encer, maka tidak jarang oli mesin sudah habis karena penguapan.

Penyebab stang seher rusak juga ialah penggunaan motor ketika hujan dan banjir dengan nekat menerabas genangan air juga bisa mempengaruhi mesin yang akan masuk ke ruang bakar akan berefek pada water hammer. Ini salah satu penyebab piston hancur dan setang seher bengkok karena kompresi udara dan api terganggu adanya air. Bahaya stang seher rusak ialah motor mogok dan komponen ruang bakar wajib diganti.

Stang seher motor rusak jangan dibiarkan, langsung ke bengkel dan ganti dengan komponen yang bagus . Disarankan yang ori ya, kalau mau mesin dan motor tetap awet.

Jika stang seher motor rusak dibiarkan, maka siap-siap keluar biaya lebih banyak lagi apalagi jika kerusakannya sudah merembet. Jangan sampai nanti kamu boncos dan keluar biaya banyak jika tidak segera memperbaiki stang seher motor yang rusak.

%d bloggers like this: