Forum

You need to log in to create posts and topics.

Pahami Cara Membedakan Ikan Cupang Koi dan Cupang Fancy

Bagi pecinta ikan, khususnya ikan cupang maka anda harus pahami perbedaan ikan cupang koi dan ikan cupang fancy atau marble. Salah satunya yang mudah ialah dengan mengenali warna juga motif warna yang ada di sekujur badan ikan tersebut.

Untuk badan Ikan cupang koi memiliki corak warna yg sama persis dengan ikan koi asli, sedangkan untuk ikan fancy (marble) terdapat warna yang lebih variatif dari koi yaitu bisa tiga atau lebih dengan motifnya juga tak sama dengan ikan koi.

Lain lagi untuk jenis Ikan Cupang koi tak hanya yang berjenis plakat, tetapi juga ada jenis halfmoon. Ikan cupang jenis plakat lebih masuk akal karena bentuknya lebih menyerupai ikan aslinya dan bentuk sirip yg agak pendek dan tak terlalu panjang.

Dan Jika anda melakukan kawin silang antara sesama cupang koi maka hasilnya tak seperti yg anda harapkan karena adanya persilangan genetik.

Apabila dilakukan perawatan untuk ikan cupang plakat koi sangat mudah tak seperti ikan halfmoon atau rosetail. Kedua ikan tersebut harus dijaga supaya bentuk sirip ekor nya bagus dan tak sobek, disini dituntut kehati-hatian dan ketelitian dalam pemeliharaan.

Perbedaan warna-warni ikan cupang fancy akan terlihat jelas ketika mereka dewasa. Karena terus bertumbuh maka ketika ikan masih kecil warna dan corak yg menarik belum kelihatan.

Dan untuk kiat memilih jenis makanan untuk ikan ini pun juga harus diperhatikan, jangan sampai sembarangan memberikan pakan juga faktor kebersihan air yg harus dijaga. Memelihara ikan cupang seperti ikan cupang koi dan ikan cupang fancy memang memberikan rasa kebahagiaan dan ketenangan yg tak bisa di tukar dengan yg lain.

%d bloggers like this: