Forum

You need to log in to create posts and topics.

Kenali Arti Lambang Di Panel Indikator Mobil Diesel

Jika kamu belum paham mengenai Arti Lambang Di Panel Indikator Mobil Diesel maka artikel ini untuk kamu. Kendaraan mobil diesel berbeda-beda maka bisa dipastikan lambang/lampu panel indikatornya juga bisa berbeda. Akan tetapi walau nggak ada keseragaman dalam symbol lampu panel, lampu yang digunakan pada speedometer merupakan makna atau arti yang sama. Yuk simak dibawah ini tentang beberapa arti lampu indikator mobil diesel

Bila salah satu lampu yang ada pada panel indikator mobil menyala, maka biasanya ada masalah pada bagian yang menyala tersebut.

Dibawah ini merupakan beberapa arti lampu indikator mobil diesel yang biasanya ditemukan pada mobil  yang ada.

Diesel Particulate Filter

Lampu indikator mobil diesel ini sesuai namanya (diesel particulate filter) akan membaca khusus perangkat diesel particulate filter (DPF) saja, bukan sampai ke mesin. Perangkat yang bertugas menyaring partikel berbahaya dari mesin diesel sebelum dibuang ke knalpot. Ketika indikator ini menyala, artinya polutan yang tersaring oleh DPF sudah menumpuk dan perlu diganti.

Suhu Radiator

Jika berwarna biru, biasanya indikator radiator memberi tahu bahwa suhu mesin belum cukup panas untuk bekerja. Jika berwarna merah, artinya radiator sudah terlalu panas, begitupun di mesin, jadi sebaiknya matikan kendaraan segera.

Tekanan Oli

Jika logo ini menyala, maka langsung hentikan kendaraan, dan diamkan hingga mesin dingin. Setelah itu, tambahkan oli. Ya, penyebab simbol ini muncul biasanya adalah menurunnya tekanan atau jumlah oli di mesin.

Servis

Simbol ini biasanya berbeda-beda tergantung pabrikan. Namun biasanya ada tanda kunci tang, dan mobil, atau kunci tang dan mesin. Artinya Anda harus segera memeriksakan kondisi kendaraan ke mobil. Tak perlu khawatir ada masalah, beberapa pabrikan biasanya mengaktifkan indikator ini dengan maksud mengingatkan jadwal perawatan berkala.

Cek Mesin

Pengertian lampu indikator panel yang pertama ialah Cek mesin. Tanda ini mengindikaskan komputer mobil membaca ada permasalahan pada sektor mesin. Karena mesin itu sendiri terdiri dari banyak komponen, biasanya untuk mengenali lebih detil titik permasalahannya perlu dibutuhkan pembacaan oleh teknisi menggunakan alat On Board Diagnostic (OBD).

 

 

%d bloggers like this: