Free CV & Photo Review Winner: Ismi Kartika part 2

[Bagi yang sudah membaca review part 1 untuk Ismi Kartika sebelumnya, pasti nggak sabar ingin membaca lanjutannya. Bila di review sebelumnya sudah mengupas tentang CV, maka di postingan ini kalian bisa membaca review foto, grooming dan pengalaman interview Ismi. Selamat membaca dan semoga berguna.]

Klik di sini untuk membaca review part 1 bagi yang belum membaca.

Berikut ini adalah foto close-up dan full body yang dikirimkan oleh Ismi untuk direview.

FOTO CLOSE-UP

FOTO FULL BODY

Photo Review

Postur tubuh dalam fotomu terlihat kaku, entah itu karena kamu merasa gugup atau memang pakaiannya bikin kamu tidak nyaman dan percaya diri. Cobalah untuk mencari business attire yang terlihat lebih nyaman dan menonjolkan penampilan terbaikmu.

Untuk foto close-up, blazer yang kamu pakai terlalu ketat. Apakah ini sebabnya kancing bagian atas dibiarkan terbuka? Paduan blus dan blazer kurang pas. 

Hindari memakai blus yang memiliki ruffles di bagian dada karena itu akan membuat bagian tersebut terlihat lebih besar. Apalagi dengan memakai blazer di luarnya akan membuat area depan tubuhmu terlihat lebih penuh dan sesak.

Pada foto full body, kamu memakai scarf dengan ruffles, ini juga tidak kusarankan karena memberi efek yang sama. Selain itu membuat leher terlihat lebih pendek. 

Coba kenakan atasan atau setelan yang tidak berkerah tinggi, supaya leher tidak tenggelam. Misalnya kerah V pendek, kerah oval, atau kerah kotak.

Warna blazer dengan rok terlihat berbeda. Entah karena bahan atau cahaya pada saat pemotretan atau memang warnanya berbeda karena mereka bukan berasal dari setelan yang sama.

Terlalu banyak warna yang berbeda pada keseluruhan penampilanmu, blazer biru gelap, rok hitam, scarf hijau, dan sepatu nude cream. Ini tidak baik untuk first impression karena kamu jadi terlihat bingung untuk menampilkan identitas dirimu.

Jangan takut bermain warna pada saat mengikuti rekrutmen. Namun perlu diingat, untuk memilih satu warna untuk menjadi tema keseluruhan penampilan dan beri warna lain sebagai highlight agar overall look kamu berkesan di mata rekruter.

Cobalah untuk memilih business attire yang simple, modern, nggak gampang kusut, dan bikin kamu percaya diri dan terlihat makin cantik.

Berikut ini adalah beberapa foto business attire yang menurutku bisa kamu pertimbangkan untuk beli.

Grooming Review

Hal lainnya yang juga perlu dipertimbangkan agar hasil foto lebih baik adalah grooming dan hair-do. 

Secara general, baby hair atau anak rambut dapat mengganggu penampilan, terutama kalau terlihat jelas di area wajah. Kalau tidak bisa diatur dengan hair spray, bisa dicoba untuk menghilangkan baby hair di area yang tidak diinginkan.

Panjangkan rambutmu dan cobalah berbagai tatanan rambut untuk ke rekrutmen, mulai dari low bun, middle bun, hingga french twist. Coba untuk menemukan jenis tatanan rambut yang sesuai dengan make-up dan juga baju yang akan dikenakan saat rekrutmen.

Bentuk alis dan make-up mata akan memengaruhi tampilan wajah secara keseluruhan. Saranku, cobalah untuk pergi ke salon dan berkonsultasi dengan eyebrow stylist untuk mengetahui bentuk alis seperti apa yang cocok untuk wajahmu. 

Berikut ini adalah contoh panduan yang bisa digunakan. Berdasarkan foto yang kamu kirimkan, sepertinya bentuk wajahmu adalah heart atau diamond.

Make-up mata untuk maskapai Timur Tengah pada umumnya mempunyai satu benang merah, yaitu big and bold eyes. Sedangkan untuk maskapai di Asia, biasanya sharp and bright eyes. 

Untuk panduan make-up Emirates maupun Singapore Airlines, perhatikan foto cabin crew kedua maskapai tersebut dan simak video grooming standard berikut.

Perhatikan poster tersebut di atas dan video berikut ini untuk memiliki gambaran mengenai grooming standard bagi pramugari Emirates.

Perhatikan poster tersebut di atas dan video berikut ini untuk mengetahui bagaimana grooming standard untuk pramugari Singapore Airlines.

Recruitment Review

Setelah tiga kali membaca ulang pengalaman rekrutmenmu, di sini aku bisa menyimpulkan bahwa kamu gagal di tahap awal karena overall appearance belum memenuhi apa yang mereka cari.

Tapi tenang saja karena appearance itu bisa diperbaiki 🙂 Mohon diperhatikan hal-hal yang sudah aku bahas dalam grooming review di atas ya.

Mengenai Body Mass Index (BMI), Singapore Airlines memang ketat karena mereka menerapkan BMI antara 18 – 21. 

Berdasarkan keterangan di ceritamu, dengan TB 160 cm dan BB 58 kg, maka BMI kamu adalah 22.66 dan itu melebihi standar mereka. Itu sebabnya kamu diminta untuk menurunkan 5 kg lagi karena bila BB 53 kg dengan TB 160 cm maka BMI-nya adalah 20.70.

Pengecekan BMI dapat dilakukan lewat website Singapore Heart Foundation di link ini.

Sayangnya aku hanya bisa mereview kamu sampai pada tahap penilaian awal karena kamu selalu gagal di tahapan ini. Semoga review CV, foto, grooming dan pengalaman rekrutmen ini bisa membantu kamu untuk tampil lebih baik di masa mendatang 🙂

Regards, 

Marintan Ompusunggu

Marintan adalah pramugari yang bekerja di salah satu maskapai di Timur Tengah. Pengalaman dan observasi rekrutmen cabin crew yang dilakukan sejak tahun 2010 membuatnya mampu melihat dari sudut pandang rekruter. Di saat tidak bertugas, dia menulis artikel dan memberikan tips dan konsultasi seputar rekrutmen.

Ikuti tips rekrutmen selengkapnya dengan mengklik gambar berikut ini.

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: