Mencari Kerja Saat Unpaid Leave

Tidak mudah rasanya ketika maskapai tempat bekerja mengirimi email yang memaksa kita untuk mengambil unpaid leave (cuti tak berbayar).

Namun, mau tidak mau hal ini terpaksa dilakukan di tengah wabah Virus Corona yang telah menjadi pandemi global.

Terbang atau tidak, kewajiban finansial tetap berjalan. Kebutuhan hidup tidak bisa dihentikan begitu saja. Ini membuat banyak sekali cabin crew merasa khawatir dan bingung dari mana mendapat penghasilan tambahan selama maskapai tidak menggaji mereka. 

Apakah kamu berpikir untuk mencari kerja di saat unpaid leave? Kalau ya,  maka yang pertama harus dilakukan tentu saja memikirkan kemampuan (skill) apa yang kita miliki bila kita harus terjun bekerja di luar dunia penerbangan.

Cobalah mengingat kembali apa kemampuan yang kita miliki sebelum menjadi cabin crew atau apakah ada kemampuan yang kita dapatkan selama berprofesi di bidang ini. 

Tuliskan daftar kemampuan tersebut ke dalam sebuah kertas, uraikan dengan jelas kenapa menurutmu kemampuan tersebut penting dalam bekerja. Setelah itu cantumkan di CV di bawah kategori hard skills atau soft skills. 

Hard Skills & Soft Skills

Hard skills adalah kemampuan yang diperoleh melalui proses belajar. Misalnya kemampuan berbahasa asing, membuat aplikasi untuk mobile phone, coding, software komputer, akuntansi, budgeting, desain grafis, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan soft skills adalah kemampuan yang berhubungan dengan hubungan sosial atau interaksi antar sesama. Kemampuan ini agak sulit untuk diukur secara pasti, namun dampaknya sangat besar apalagi bila diterapkan dalam kerja dalam tim.

Contoh soft skills adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, persuasi, kepemimpinan, manajemen tim, manajemen waktu, empati, negosiasi, dan masih banyak lainnya.

Menurut riset yang diadakan oleh Stanford Research Institute International dan Carnegie Melon Foundation, sebanyak 75% kesuksesan karir dalam jangka panjang dipengaruhi oleh people skills, sementara hanya 25% sisanya yang dipengaruhi oleh pengetahuan teknis.

Pentingnya soft skills juga memengaruhi keputusan rekruter dalam memilih di antara dua kandidat saat final interview. Karenanya, usahakan untuk menggunakan waktu luang sebaik mungkin untuk menambah soft skills baru agar peluang direkrut lebih besar.

Soft skills yang dimiliki oleh cabin crew antara lain adalah:

Communication

Persuasion

Negotiation

Conflict Management

Problem Solving

Time Management

Analytical Thinking

Listening

Empathy

Pekerjaan apa yang bisa dilakukan oleh cabin crew?

Tentunya ini bergantung pada berapa lama masa unpaid leave yang diberikan oleh maskapai. Bila periodenya hanya 1-2 bulan, maka pekerjaan part-time lebih cocok untuk mengisi waktu luang. Lebih baik lagi kalau bisa mengambil kursus online untuk menambah soft skills baru.

Kalau maskapai memberikan sinyal bahwa unpaid leave bisa diperpanjang hingga 6 bulan, artinya kondisi keuangan saat ini tidak memungkinkan untuk tetap mempekerjakan seluruh karyawan. Bahkan kemungkinan terburuk bisa terjadi, yaitu pengurangan karyawan. 

Bila ini yang terjadi, maka sebaiknya kita mulai mempersiapkan CV baru dan mencari pekerjaan sejak dini. Berjaga-jaga lebih baik daripada nantinya harus kalang kabut mencari pekerjaan di detik-detik terakhir.

Berikut ini adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh cabin crew.

Part-Time Jobs

Content Writer

Video Maker

Photographer

English Tutor

Translator

Call Center Staff

Mystery Shopper

Recruitment Assistant

Graphic Designer

Online Researcher

Makeup Artist

Wedding Organizer

Gift Decorator

Internet Marketer

Berikut ini adalah daftar website yang bisa dicek untuk melihat lowongan pekerjaan paruh waktu (part-time jobs).

part-time.id

niobis.com

digimart.co.id

glints.com/id

sribulancer.com/en

fastwork.id

projects.co.id

surveyberbayar.com 

Full-Time Jobs

Dengan pengalaman bekerja dalam tim, di lingkup kerja multinastional maupun internasional, kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, serta analisa yang tajam serta terbiasa dalam menghadapi dan meredakan konflik, maka cabin crew cocok untuk bekerja di bidang sebagai berikut:

Customer Service

Human Resources 

Talent Recognition

Recruitment

People Development

Business Analyst

Public Relations

Media Relations

Internal Communication

Personal Assistant

Berikut ini adalah daftar website yang bisa dicek untuk melihat lowongan pekerjaan penuh waktu (full-time jobs).

jobstreet.co.id

urbanhire.com

disnakerja.com

mediakarir.com

jobs.id

loker.id

id.jobsdb.com

karir.com

kompaskarier.com

hiredtoday.com

Semoga semua cabin crew yang saat ini sedang menunggu kepastian dari maskapai masing-masing dapat segera kembali terbang. Seandainya maskapai harus mengurangi karyawan, jangan kecil hati karena peluang kerja akan selalu ada. 

Apapun keputusan yang diambil dalam menyikapi unpaid leave saat ini, pikirkanlah sebaik mungkin. Badai ekonomi yang disebabkan oleh Virus Corona pasti akan berlalu, namun kita harus bersiap menghadapi dampak ekonominya. 

*) sumber foto: storymixmedia.com

This article is written by: Marintan Ompusunggu

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: