[Layover Book Review] The Secret by Rhonda Byrne

Halo, nama saya Minard dan saya tertarik untuk menulis review buku di forumpramugari.com (Layover Book Review). Di tengah jadwal yang padat, saya sempatkan waktu untuk membaca buku karena selain menghibur, juga memberi motivasi dalam hidup saya.

Buku yang akan saya review kali ini adalah “The Secret by Rhonda Byrne”. Buku yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa ini luar biasa powerful untuk memotivasi setiap pembacanya. Buku ini cocok dibaca untuk para wannabe yang ingin mengejar impian menjadi Cabin Crew. Isinya tentang hukum tarik-menarik (Law of Attraction). Saya yakin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar tentang Law of Attraction (LoA).

“You attract whatever you think about”.

Kalimat di atas bisa dijadikan kesimpulan singkat dari buku yang mempunyai 202 halaman ini. Percaya atau tidak ini terjadi dalam kehidupan saya, bahkan mungkin tanpa kalian sadari LoA ini juga terjadi dalam kehidupan teman-teman semua.

Saya mempunyai pengalaman mengenai LoA ini, pernah suatu hari saya terlambat untuk menjalankan flight. Saya sudah memikirkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi karena telat adalah kesalahan yang cukup fatal di dunia penerbangan. Dan pada saat itu yang ada dipikiran saya hanyalah mengejar waktu untuk sampai tepat waktu walaupun saya tahu saya terlambat.

Sempat juga terpikir apa konsekuensi yang akan saya terima karena kesalahan saya ini. But then I tried to keep my mind in positive frequency, sembari menghela nafas dalam-dalam dan memikirkan hal-hal positif ketimbang konsekuensi yang akan saya terima. Believe it or not, sesampainya saya di flight operation, semua hal buruk yang sempat terpikir oleh saya tidak terjadi sama sekali. Bahkan karena saya telat, saya memberikan kesempatan kepada salah seorang crew untuk pulang dan bertemu bertemu keluarganya di rute saya tersebut.

Setelah membaca buku ini saya menyadari itu bukanlah suat kebetulan, melainkan hasil dari sebuah pemikiran positif saya, “like attracts like”. I tried to keep positive and it attracts positive output as well.

Dalam buku ini juga dijelaskan tidak peduli seberapa besar dan tidak mungkinnya keinginan kita, “Let the universe take care of the HOW”. Tugas simpel kita hanya bertanya apa yang kita inginkan “Ask”, pikirkan dan rasakan bahwa hal tersebut sudah menjadi milik kita “Think” and “Visualize”.

Salah seorang teman saya juga merasakan pengalaman tersebut, dia adalah Cabin Crew wannabe yang mempunyai kekurangan di penglihatan (partial color blind), sebagian orang memberi saran untuk berhenti mengejar mimpinya karena semua airline sangat strict soal penglihatan. Tetapi dia tidak pernah menghiraukan omongan tersebut karena yang dia tau hanya “Saya ingin menjadi Cabin Crew!”.

Dia mengetahui apa yang dia inginkan (Ask), dan ia selalu memikirkan dan membayangkan saat menggunakan seragam dan dengan bangganya berjalan beriringan di airport sembari membawa luggage dan semua mata tertuju kepada dia. Membayangkan bagaimana dia tersenyum kepada penumpang dan bertanya “How can I help you?”. Membayangkan liburan gratis after landing (Think and Visualize).

Voila !! Now he’s here, living his own new life as Cabin Crew.

Penulis juga menyadari bahwa stay positive relatif sulit untuk dilakukan, maka dari itu beliau juga memberikan tips bagaimana untuk me-reset pikiran yang terkadang sulit untuk diajak berpikir positif.

Di buku ini tertulis, “Master your mind is learn how to quiet your mind, quiet your mind by meditations, it helps you to control your thoughts and revitalize your body”

Tips tersebut mengarjarkan saya bagaimana untuk mengontrol pikiran saya. Yup, believe it or not, it works for me, again! Buku ini sangat membantu saya untuk me-reboost kembali pikiran dan tubuh saya setelah lelah menjalankan tugas. Karena menurut buku ini pikiran kita adalah master dari semua yang akan terjadi pada kita sooner or later, so ketika saya berpikir bahagia, energi bahagia inilah yang akan mendominasi badan dan pikiran saya seharian penuh, maka hari saya akan terasa bahagia juga.

“As you learn the secret, you will come to know how you can have, be or do anything you want. You will come to know who you really are. You will come to know the true magnificence that awaits you in your life”

Buku ini mengklaim bahwa penemu-penemu hebat jaman dahulu sudah mengetahui adanya hukum tarik menarik ini sehingga menjadikan mereka orang-orang yang luar biasa. Seperti dicontohkan juga suku Babilonia yang populasinya hanya 1% dari jumlah populasi didunia tetapi menghasilkan sekitar 96% dari uang yang beredar saat ini. Hal ini bukan kebetulan semata, melainkan mereka memahami sesuatu yang besar yaitu Law of Attraction.

Begitupun juga dengan kesehatan, buku ini menjelaskan bahwa ketika orang sakit mereka sembuh bukan dengan obat-obatan yang diberikan doktor, tetapi mereka sembuh dengan pikiran bahwa obat yang diberikan doktor itu bisa menyembuhkan, jadilah mereka sembuh.

“…They have found out that the human mind is the biggest factor in the healing art, sometimes more so than the medication” – Dr. John Demartini

Sebenernya masih banyak hal menarik untuk di-review mengenai buku ini, tetapi alangkah lebih baik jika teman-teman bisa membaca sendiri dan merasakan pengalaman yang saya rasakan. Demikian review dari buku The Secret by Rhonda Byrne tersebut, selamat membaca!

*) Buku ini direview oleh: Minard

Semua opini adalah milik pribadi dan merupakan tanggung jawab penulis.

_______________________________________________________________________________

Suka baca buku dan tertarik membuat ulasan buku? Ulasan bukumu akan dibaca oleh cabin crew maupun wannabes di tanah air dan mancanegara. Kirimkan review bukumu via email dengan subjek “Layover Book Review” ke forumpramugari@gmail.com

Review buku berupa essay minimal 750 kata dan bersifat objektif. Review dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang menarik akan dimuat di website forumpramugari.com dan dishare ke semua medial sosial FP. Penulis akan dihubungi oleh admin FP untuk mendapatkan imbalan menarik berupa honor sebesar 300.000 Rupiah.

Use Facebook to Comment

comments

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *