[Layover Book Review] Miles Over Me and Galleys by Radinna Nandakita

Rasa penasaran saya selalu membuncah ketika ada buku tentang profesi cabin crew diterbitkan. Terlebih lagi ketika yang menulis buku tersebut adalah seseorang yang saya kenal.

Adalah seorang Radinna Nandakita, ibu muda dengan dua anak cantik, yang baru-baru ini menelurkan buku komik berjudul “Galleys”. Saya memesan buku tersebut dan Dinna yang sudah lama saya kenal dari media sosial Facebook tersebut mengirimkan saya buku komik itu dan juga buku karyanya yang lain berjudul “Miles Over Me”.

Mari kita kupas buah karya mantan pramugari salah satu maskapai swasta tanah air ini satu per satu. 

Miles Over Me

Buku yang memiliki sampul menarik ini menceritakan tentang kehidupan Dinna selama menjadi pramugari. Subjudul bukunya bertuliskan “Hidden Stories of a Flight Attendant” membuat siapapun yang melihat akan merasa penasaran ingin membaca.

Dengan gaya penulisan ringan seperti orang yang sedang bercerita, buku ini akan mudah dibaca sampai habis dalam waktu singkat. Saya pribadi menghabiskan waktu kurang dari 30 menit untuk membaca keseluruhan cerita di buku ini.

Membaca buku Miles Over Me sambil menikmati pemandangan Eiffel Tower di Paris (dok. Marintan)

Cerita-cerita yang ada di buku ini saya akui sangat menarik. Dua cerita favorit saya dalam buku ini berjudul “Goceng” dan “Pembual vs Pembual”. Kedua cerita tersebut sangat dekat dengan kehidupan pramugari yang suka bertukar cerita atau malah bergosip.

Dinna memiliki kemampuan bercerita dan menulis yang mengalir tanpa banyak usaha. Menurut saya, ini sangat jarang dimiliki oleh cabin crew pada umumnya.

Namun, berhubung konten buku ini mengandung bahasa dewasa, seharusnya pihak penerbit memberi label 18+ di sampul buku supaya anak di bawah umur tidak membacanya.

Buku ini juga akan jauh lebih menarik dibaca apabila mata sang editor bisa menyusun cerita demi cerita secara runut sesuai kategori. Misalnya buku diawali dengan cerita kehidupan pribadi, lalu dilanjutkan dengan kehidupan profesional yang melibatkan sesama awak kabin dan para penumpang, lalu dilanjutkan dengan bagaimana Dinna berkutat untuk memiliki kehidupan asmara yang seimbang dengan kesibukan profesinya.

Galleys

Ini adalah sebuah terobosan di dunia penulisan, terutama di dunia profesi cabin crew. Baru kali ini ada buku komik yang menceritakan kehidupan pramugari. Saya langsung memesan buku ini secara pribadi begitu Dinna mempostingnya lewat akun sosial media Facebook.

Cerita yang disuguhkan Dinna di buku ini berbeda dengan cerita di buku Miles Over Me. Sang komikus, Rimanti N, dengan sangat apik dan teliti menggambar panel demi panel. Goresan raut wajah di tiap karakternya mengingatkan saya akan komik serial cantik Korea atau komik Wonder Woman ala DC Comics.

Panel komik favorit saya adalah ketika protagonis dalam komik ini berinteraksi dengan salah satu cockpit crew saat hendak menyuguhkan minuman. Klasik! Penasaran? Silakan baca sendiri bukunya 🙂

Seperti buku Miles Over Me, komik ini mengandung bahasa khusus pembaca dewasa. Buku ini menyematkan tulisan R: 17+ di sampul depannya yang merupakan peringatan bagi mereka yang di bawah umur untuk tidak ikutan membaca.

Komik ini merupakan hasil komunikasi yang baik antara Dinna sebagai seorang storyteller dengan Rimanti sebagai komikus. Pembaca dengan latar belakang apapun akan mengerti cerita yang disuguhkan sekalipun mereka tidak mengetahui jargon di dunia aviasi.

Saya suka buku komik ini karena jujur apa adanya. Namun saya berharap Dinna melanjutkan serial komik ini karena menurut saya endingnya masih menggantung. Layaknya film horor yang membuka kemungkinan untuk sekuel berikutnya.

Baik Miles Over Me dan Galleys merupakan hasil karya yang layak diacungi jempol untuk usaha dan gaya bercerita yang enak dibaca. Saya berharap Dinna akan lebih produktif menulis di masa depan.

Dengan terbitnya kedua buku ini saya berharap ada lebih banyak cabin crew yang menuliskan kisahnya supaya mata pembaca, khususnya dari kalangan awam terbuka dan lebih memahami apa arti dan tanggung jawab pekerjaan ini bagi para awak kabin.

*) Buku ini direview oleh: Marintan Ompusunggu

Semua opini merupakan milik pribadi dan merupakan tanggung jawab penulis. Bagi yang tertarik membaca kedua buku tersebut dapat mengontak langsung sang penulis di media sosialnya sebagai berikut.

Radinna Nandakita (Facebook)

Radinna Nandakita (Instagram)

_______________________________________________________________________________

Suka baca buku dan tertarik membuat ulasan buku? Ulasan bukumu akan dibaca oleh cabin crew maupun wannabes di tanah air dan mancanegara. Kirimkan review bukumu via email dengan subjek “Layover Book Review” ke forumpramugari@gmail.com

Review buku berupa essay minimal 750 kata dan bersifat objektif. Review dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang menarik akan dimuat di website forumpramugari.com dan dishare ke semua medial sosial FP. Penulis akan dihubungi oleh admin FP untuk mendapatkan imbalan menarik berupa honor sebesar 300.000 Rupiah.

Use Facebook to Comment

comments

,
5 comments on “[Layover Book Review] Miles Over Me and Galleys by Radinna Nandakita
  1. Aaa makasi banyak Mbak Intan!!! Masukan dan review yang sangat berharga untuk tulisan-tulisan berikutnya. 🙏🙏🙏 Suksma 💙💙💙

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *