Forum Pramugari’s Birthday Note

9 Maret lalu Forum Pramugari (FP) genap berusia enam tahun. Rasanya sulit dipercaya, forum yang diawali dari sebuah blog gratisan di wordpress ini sudah sekian lama berjalan dan bertahan meskipun banyak grup dan komunitas serupa bermunculan. Awal mula FP dibentuk ketika itu tak lain karena sedikitnya informasi lowongan kerja cabin crew. Dulu, kalau tidak punya teman atau kenalan yang bekerja di suatu maskapai, rasanya mustahil bisa mengetahui lowongan terbaru. Boro-boro mengikuti rekrutmen. Sering kali pada saat saya mengetahui bahwa suatu maskapai mengadakan rekrutmen adalah ketika hari H atau bahkan beberapa hari ketika rekrutmen ditutup.

Ya, kala itu distribusi informasi lowongan kerja profesi ini sifatnya masih sangat eksklusif. Dari mulut ke mulut atau dari broadcast Blackberry Messenger yang dibagikan hanya kepada kalangan terbatas. Jadi jangan heran bila enam tahun yang lalu atau lebih, tidak banyak yang mengikuti rekrutmen cabin crew. Biasanya hanya sesama crew aktif, ex crew, atau kenalan / teman / saudara dari cabin crew yang memberikan info supaya mereka bergabung dan menjadi kolega di maskapai tempat mereka bekerja.

Saya masih ingat kala itu saya belum mempunyai komputer sendiri dan masih bekerja di sebuah perusahaan media sebagai wartawan. Jakarta selepas jam kerja sangatlah macet dan tidak bersahabat bagi saya yang merupakan pengguna transportasi publik. Jadi daripada memilih pulang kerja tepat waktu dan terjebak kemacetan di jalan, saya lebih memilih tinggal sedikit lama di kantor untuk mengurus FP yang kala itu belum banyak pembacanya. Selama tiga tahun pertama saya mengurus komunitas ini sendirian, berjibaku dengan ritme kerja yang senantiasa dikebut deadline. Sisi positifnya, mengurus FP membuat saya menjadi lebih cepat bekerja dan mengetik berita. Saya pun mengembangkan kemampuan menulis sehingga artikel-artikel yang dipublikasi di FP jadi lebih enak dibaca dan mudah dimengerti siapa saja.

Di sela-sela kesibukan bekerja dan mengurus FP saya mencoba berbagai rekrutmen maskapai baik domestik maupun internasional. Sayangnya kala itu, usaha saya banyak menemui kegagalan. Meskipun begitu saya cukup senang karena banyak teman saya dari FP berhasil diterima di berbagai maskapai bergengsi seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Qatar Airways, Emirates, Etihad, Korean Air, dan Cathay Pacific, dan hingga kini kami masih berteman dan berkomunikasi.

Di tahun 2013 saya menyadari bahwa saya tidak mampu lagi mengurus forum ini sendirian, sehingga saya memutuskan untuk merekrut volunteer untuk membantu saya. Mereka adalah Ninda (sekarang sudah terbang sebagai pramugari Singapore Airlines), Boni, Jesh, Arief, Filla (sekarang bekerja di Dnata, Dubai), Reka (mantan pramugari Saudia yang kini berdomisili di Amerika), Irnez, Hany, Nita, dan Rinaldi. Mereka semua adalah orang-orang muda berbakat yang terpilih untuk menjadi admin dan membantu manajemen forum baik melalui postingan di website, maupun akun media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

Waktu berlalu, pekerjaan dan kesibukan pun menimbulkan jarak sehingga banyak admin tidak bisa membantu mengurus forum. Dan itu adalah hal yang wajar. Sebagian admin memutuskan tidak aktif saking sibuknya. Tidak ada yang sempurna memang. Namun kebersamaan itu pernah ada dan karenanya saya akan selalu mengenang mereka sebagai orang-orang yang berjasa. Saya yakin suatu hari nanti mereka akan bergabung dengan maskapai impian mereka, bila mereka cukup keras kepala untuk tidak berhenti mengejar mimpi itu tentu saja, hehehe. Kalaupun tidak, dengan talenta yang mereka punya, mereka akan menjadi orang yang hebat dan bermanfaat bagi banyak orang lainnya.

Forum Pramugari bisa bertahan selama enam tahun seperti sekarang itu karena orang-orang di dalamnya. Para member di grup line messenger yang ramai cuap-cuap ceria, tim admin yang penuh ide kreatif, dan teman-teman cabin crew yang dengan baik hati mau berbagi cerita maupun tips secara lisan maupun tulisan. Mereka yang sudah mengirimkan cerita inspiratif tentang menggapai profesi idaman ini lewat artikel Cabin Crew Story, dan mereka yang berbagi tips dan pengalaman mengikuti rekrutmen di beragam maskapai. Bahkan tidak jarang para member bertemu di luar aktivitas online untuk meetup sekadar ngopi cantik dan ngobrol seru ataupun janjian untuk mengikuti rekrutmen suatu maskapai dan saling menyemangati satu sama lain.

Dhea, Acit, Fomi dan Ninda mengikuti rekrutmen Malaysia Airlines di tahun 2014 lalu. Saat ini Acit bekerja di Qatar Airways dan Ninda di Singapore Airlines.

It’s nice to see familiar faces when you’re on duty. Diyas (AirAtlanta cabin crew) dan Clare (Saudia cabin crew) yang juga merupakan member aktif di grup line Forum Pramugari saling berpapasan ketika sedang tugas terbang.

FP members meetup part 1 (doc: Yoseph)

FP members meetup part 2 (doc: Fafaprian)

FP members meetup part 3 (doc: Fafaprian)

Siapapun kalian yang sedang membaca tulisan ini, hanya satu yang bisa saya ucapkan. TERIMA KASIH. Berkat kalian, FP masih tetap ada hingga hari ini. Berusaha dengan sebaik mungkin untuk memberikan konten-konten bermanfaat dan menghibur. Saya berharap apapun kebaikan yang kalian terima dari forum ini bisa kalian teruskan ke orang-orang selanjutnya yang juga membutuhkan. They need your guidance and inspiration… and you were once in their shoes. Pay it forward. With a big smile and a gratitude at heart.

Sekiranya ada hal yang kurang baik dari forum dan komunitas ini, saya mohon maaf dan juga mohon diingatkan dan dibantu agar forum ini bisa berjalan sesuai cita-cita awal pembentukannya. Forum ini adalah forum milik bersama, bukan milik perseorangan. Karenanya cita-cita yang ingin dicapai oleh FP adalah cita-cita bersama, yaitu untuk membantu mereka yang bermimpi menjadi cabin crew. Semoga dari tahun ke tahun, kehadiran FP membawa lebih banyak manfaat dan inspirasi bagi sesama.

Selamat ulang tahun ke-enam Forum Pramugari. Selamat ulang tahun untuk kita semua. May all our good wishes come true!

*) Tulisan ini didedikasikan kepada nama-nama berikut ini yang telah berjasa dan memberi warna dalam kehidupan Forum Pramugari selama enam tahun belakangan: Seluruh anggota Tim Fabulous (admin & mantan admin FP dengan nama-nama yang telah disebut di atas), Taufik “Opik” Nugraha, Folanda “Popo” Rudy, Doni Franata, Candy Kielee, Mba Dewi Arifiati, Mba Shierly “Mamako”, Gemma Tiara Darmali, Sylvia “Chipie”, Ramzi & Resty, Anto Irwanto, Arrum Soerjo, Muh. Nur (emnoer), Diyas A.R., Dirmansyah, Ayas, Ridge Manuel, Minard, Yoseph, Billy, Stevo (alm.), Tam MTAK, Abi, Meita Mara, Monic, Didiy Indri, Clare Citra, Intan Anindita, Fica Aprilyani, Dolly, Fafaprian, Frances Erixon, Acit, Dhea Indira, Flandy & Rara, Nabila Kostova, Novarina Pradnya, Oky Nureza, Rafly Wilmar, RFS Fomi, Rio, Rivi Julie, Sarie, dan masih banyak lagi nama member maupun sahabat FP lainnya. Terima kasih, FP ada dan bertahan berkat kalian.

 

*) This feature article is written by: Marintan Ompusunggu. Cabin crew and founder of forumpramugari.com. When not flying, she can be found reading books or writing blog posts. For business and personal queries, she can be reached by email at marintan.os@gmail.com. Interested to write for this feature? Send your thoughts and opinions about #CrewLife to forumpramugari@gmail.com with subject #CREWLIFE ARTICLE.

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *