Stres Jelang Rekrutmen? Wajib Baca Ini!

Memasuki pertengahan tahun adalah saat-saat yang penting untuk semua cabin crew wannabes yang ingin melangkah menuju maskapai impiannya. Ada begitu banyak rekrutmen yang diselenggarakan mulai bulan Juni lalu hingga akhir tahun nanti. Dan pastinya, kesempatan di depan mata tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ini saatnya untuk menunjukkan kepada tim rekrutmen bahwa kamu layak bergabung sebagai awak kabin di maskapai idamanmu.

Segala persiapan pun mulai dilakukan, mulai dari dokumen yang harus dibawa pada tahapan seleksi awal. Baju formal untuk dikenakan saat interview pun sudah disiapkan. Materi bacaan dan berbagai tips dari Forum Pramugari maupun website cabin crew lainnya sudah dibaca dan dijadikan sebagai acuan untuk interview nanti. Tapi mengapa perasaan masih campur aduk; deg-degan dan kekhawatiran melanda pikiran. Semakin dekat hari rekrutmen, semakin gugup rasanya.

Oh, tidak! Jangan sampai kegugupan ini terbawa sampai di ruangan interview dan rekruter menangkap rasa tidak percaya dirimu!

Duh, kalau begitu apa yang harus dilakukan supaya pikiran lebih tenang dan kamu terlihat lebih percaya diri? Yuk, tarik nafas dalam-dalam dulu sebelum membaca tips jitu anti stress berikut ini.

credit: huffingtonpost.co.uk

credit: huffingtonpost.co.uk

1. Jaga Pikiran Tetap Positif

Pernah baca buku The Secret karya Rhonda Byrne yang terkenal di seluruh dunia itu? Di buku ini dibahas hukum tarik-menarik, segala sesuatu yang positif akan menarik sesama hal yang positif pula. Demikian juga sebaliknya dengan segala sesuatu yang negatif. Dipercayai bahwa alam semesta berkonspirasi untuk mewujudkan apa yang kerap kali kita pikirkan, karenanya menjaga pikiran agar tetap positif sangatlah penting.

Coba diingat-ingat lagi di kegagalan rekrutmen sebelumnya? Adakah terbersit sedikit saja keraguan atau pemikiran bahwa kamu akan gagal? Bahwa kamu tidak pantas bila disandingkan dan dibandingkan dengan sesama kandidat lainnya yang terlihat lebih cantik, lebih ganteng, lebih pintar, lebih jago bahasa Inggrisnya, atau lebih berpengalaman kerja? Pernahkah ada salah satu dari pemikiran semacam itu melintas di benakmu? Jika jawabannya ya, sekarang sudah tahu kan kenapa waktu itu mengalami kegagalan. Sebab apa yang kamu pikirkan akan terpancar melalui aura, ekspresi wajah dan tindakanmu. Entah itu disadari atau tidak.

Makanya dari sekarang undang aura positif untuk masuk ke seluruh jiwa dan ragamu. Pikirkan segala sesuatu yang baik dan mungkin terjadi. Bayangkan dirimu sedang tersenyum memakai seragam maskapai impianmu tersebut. Lalu di dekatmu berdiri orang tua, adik-kakak, pacar, dan para sahabat mengucapkan selamat kepadamu karena telah berhasil diterima bekerja sebagai cabin crew di maskapai tersebut.

Tarik nafas dalam-dalam, tutup kedua matamu, dan bayangkan hal itu terjadi kepadamu. Dan lakukan itu setiap hari mulai sekarang hingga tiba harinya kamu mengikuti rekrutmen maskapai tersebut. Dijamin perasaanmu akan membaik dan kegalauan pun jauh berkurang bahkan mungkin menghilang.

Pikiran yang baik ini akan terpancar di tubuh dan tindakan. Kamu akan lebih sering tersenyum dan senyumanmu ini akan terlihat sangat menarik karena ada harapan di dalamnya. Mata dan bibir akan terlihat memancarkan senyuman yang tulus. Dan senyuman seperti ini bila tertangkap oleh mata tajam rekruter akan sangat besar pengaruhnya. Kamu punya nilai plus di mata mereka dan pastinya ini akan membuatmu melaju ke tahapan-tahapan rekrutmen berikutnya.

credit: lifegate.it

credit: lifegate.it

2. Berbuat Baik kepada Sesama

Orang yang sedang mencari rejeki itu bisa diibaratkan seperti seorang wanita yang tengah hamil. Harus benar-benar menjaga kelakuan dan perkataan, supaya rejeki yang diinginkannya bisa didapatkan dengan baik dan lancar. Boleh saja tersenyum atau bahkan tertawa membaca ini, tapi kalau kamu pikirkan lebih dalam lagi, ada benarnya juga lho.

Saya pernah melihat seorang kandidat bertubuh tinggi proporsional dengan wajah cantik di salah satu rekrutmen cabin crew. Dari sekilas penglihatan, gadis usia awal 20 tahunan tersebut tampak seperti seorang model. Sayangnya, dia terus melipat tangan di depan dada dan tampak tidak nyaman berbicara dengan kandidat lainnya. Dia lebih memilih untuk memperhatikan layar ponselnya sambil menunggu CV drop dimulai. Dan pada saat seorang kandidat bertanya apakah dia bisa meminjamkan pulpennya sebentar, gadis tersebut hanya menjawab ringan, “Maaf, saya hanya punya satu.” Padahal kandidat tersebut hanya ingin meminjam sebentar, bukan meminta pulpennya untuk dibawa pulang.

Percaya atau tidak, si gadis cantik tersebut tidak lolos ke tahapan berikutnya.

Apakah itu sebuah kebetulan? Saya rasa tidak. Sebab saya percaya bahwa setiap orang menabur apa yang mereka tuai. Karma itu ada. Apa yang kita lakukan terhadap orang lain, apakah itu perbuatan baik atau buruk, akan kembali pula kepada diri kita. Itu bila bicara dari segi spiritual. Bila bicara dari segi profesional, sikap tersebut tidak mencerminkan kualitas cabin crew yang dicari oleh rekruter.

Gadis tersebut tidak bersosialisasi dengan sesama kandidat lain, patut dipertanyakan apakah di kemudian hari dia bisa bekerja sama dalam tim. Sebab di dalam pesawat, kita tidak bekerja sendirian, melainkan bersama dengan kolega cabin crew lainnya. Semua tugas yang dilakukan di dalam pesawat tidak mungkin bisa berjalan dengan lancar bila antar sesama cabin crew tidak ada komunikasi yang baik dan jelas serta tidak ada sikap saling membantu. Sikap ini bila sampai tertangkap oleh mata rekruter, maka akan berdampak sangat negatif dan pastinya akan menghambat langkahmu menuju tahapan rekrutmen selanjutnya.

Coba diingat-ingat lagi. Apakah di rekrutmen sebelumnya, kamu pernah secara sengaja atau tidak sengaja menyakiti hati dan melakukan perbuatan yang kurang menyenangkan terhadap kandidat lainnya? Jadikan itu sebagai pelajaran berharga dan jangan diulangi di rekrutmen mendatang. Jadilah kandidat yang menyenangkan dan berguna bagi sesama.

credit: eazyspadeals.com

credit: eazyspadeals.com

3. Relaksasi dan Manjakan Diri

Dalam salah satu kesempatan rekrutmen yang diselenggarakan oleh salah satu maskapai asal Timur Tengah di sebuah hotel berbintang di Jakarta, saya bertemu dengan seorang kandidat yang istimewa. Saat itu usianya baru 22 tahun, dia baru saja lulus kuliah dan belum punya pengalaman bekerja di manapun. Uniknya, meskipun dibanding kandidat lain yang memiliki resume jauh lebih dahsyat dibanding dirinya, gadis itu tampak percaya diri saja. Ada banyak kandidat berparas cantik di ruangan interview saat itu, namun ada sesuatu dalam dirinya yang membuat semua mata ingin memandang ke arahnya. Senyumnya, caranya bicara dan caranya berjalan. Dia seolah tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat semua orang menyukainya.

Saya pun memberanikan diri bertanya, apa sih yang membuatnya kelihatan segar, santai dan percaya diri? Sambil tersenyum dia berkata bahwa selama dua hari terakhir sebelum rekrutmen, dia sibuk merawat dan memanjakan diri di salon dan spa. Itulah sebabnya dia merasa lebih segar dan lebih santai sebelum mengikuti rekrutmen tersebut. Dan coba tebak, gadis itu pun diterima di maskapai tersebut! Wow!

Melakukan perawatan tubuh di spa memang merupakan cara paling ampuh untuk meredakan bahkan menghilangkan stress. Ada banyak perawatan spa yang bisa dipilih untuk memanjakan diri, misalnya pijat, mandi sauna, masker wajah dan rambut, hingga manicure dan pedicure.

Segudang manfaat pun bisa diperoleh dari mengikuti terapi di spa, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Pijatan akan membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman, sebab otot-otot tubuh yang tadinya tegang telah dibuat rileks dengan gerakan-gerakan yang melancarkan aliran darah. Wangi minyak pijat yang dipakai untuk membaluri tubuh berfungsi sebagai aromatherapy yang meredakan stress dan meringankan beban pikiran.

Perawatan masker wajah dan rambut akan membuatmu terlihat lebih berkilau dan lebih sehat. Wajah dan rambut yang terawat serta sehat akan membuat siapapun merasa cantik atau tampan, terlihat lebih menarik dan lebih percaya diri. Rasa percaya diri sangat diperlukan dalam mengikuti rekrutmen cabin crew manapun agar kamu tidak merasa minder atau terintimidasi saat melihat kandidat lainnya yang juga tampak menarik.

Tentunya ada banyak sekali jenis perawatan spa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, waktu luang dan alokasi dana yang kamu punya. Ini saatnya kamu menghadiahi dirimu dengan perawatan tubuh yang akan berguna bukan hanya bagi kesehatan fisikmu tapi juga kesehatan mentalmu. Untuk menjadi kandidat yang menarik dan percaya diri, kamu perlu merawat tubuhmu agar aura positif pun terpancar pada saat kamu berhadapan dengan sesama kandidat maupun rekruter.

Luangkan waktu setidaknya satu hari penuh untuk menikmati terapi di spa pilihanmu. Sebaiknya kegiatan spa ini dilakukan dua atau satu hari sebelum hari rekrutmen sehingga kamu merasa lebih rileks dan tanpa beban. Tubuh yang mendapatkan pijatan relaksasi akan terlihat lebih sehat kulitnya. Bila tubuh terasa rileks, maka pikiran pun akan lebih jernih dan ringan. Kamu akan lebih santai dalam menghadapi rekrutmen, meskipun ada banyak kandidat lainnya yang terlihat tegang dan gugup.

Cobalah ketiga tips jitu anti-stress tersebut dan kamu akan merasakan sendiri perbedaannya. Undang aura positif memasuki jiwa dan ragamu, supaya apa yang kamu pikirkan sejalan dengan perbuatanmu. Dengan begitu, peluangmu untuk menjadi cabin crew di maskapai tersebut sejalan dengan harapanmu yang diiringi dengan tindakan positif. Selamat menuju pekerjaan impianmu… and see you on-board soon!- (MARI)

 

*) This article is sponsored by:

original-7256-9549769

About EazySpaDeals

Opened in early 2016, EazySpaDeals.com is your premiere one-stop Spas Online Booking for every spa goer out there. In partnership with spas across Indonesia, EazySpaDeals offers you competitive pricing and the knowledge you need to make informed choices.
Whether you’re looking for a relaxing massage, manicure – pedicure combo in your neighborhood, couples package for your romantic getaway, a great way to spend some quality down-time with your friends or even the perfect treat for all your gifting needs. EazySpaDeals.com has you covered all the way. Our spa partners include hotel spas, ultra-luxurious day spas, salon spas, holistic spas and more.

EazySpaDeals leading search tools help you find spa treatments and packages and compare spas in your neighbourhood or around the world quickly and easily. Whether you purchase a single treatment, exclusive combo packages, or versatile gift certificates shopping at EazySpaDeals is the ultimate in convenience. With up-to-date customer reviews and ratings we aim to give you as much information as we can to help you make the best decision for your spa going.

For those of you looking for a perfect for last-minute gift, purchases can be delivered digitally and emailed or printed directly from your browser upon completion of the checkout process.

With the tag line “ Best Spa Deals on Your Fingertips”, EazySpaDeals.com makes spa-searching quick and easy, allowing the entire spa experience to be relaxing, from the search to the hour of bliss. Your next spa trip (and or timely gift) is just a few simple clicks away!

EazySpaDeals is based in Bali. We have many different spa partners spread across Bali, Jakarta, Java.

Use Facebook to Comment

comments

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *