Menjadi Kandidat yang Ideal

FA Quote

Ada banyak sekali informasi yang bisa diperoleh bila kandidat mau meneliti lebih jauh poster rekrutmen cabin crew. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai citra maskapai, kali ini saatnya membahas kriteria pramugari / pramugara yang dicari.

B. Kriteria Kandidat Ideal

Persyaratan ini kerap kali terlihat sebagai hal yang sangat teknis pada poster, terutama poin- poin kriteria yang mengacu pada fisik kandidat ideal. Kondisi fisik yang fit dan menarik memang menjadi nilai plus, namun bukan yang paling penting. Poster rekrutmen Singapore Airlines menjadi pilihan menarik untuk dibahas mengenai kandidat ideal yang dicari oleh maskapai dalam rekrutmen.

Singapore Airlines

Maskapai negara tetangga ini memiliki reputasi yang sangat baik dan dinilai sebagai salah satu maskapai paling prestisius dan disegani bukan hanya di Asia tapi juga di seluruh dunia. Semua mata pasti menoleh bila sederet pramugari Singapore Airlines berjalan anggun di bandara. Ya, Singapore Airlines memang berinvestasi banyak pada Singapore Girl, sebutan ikonik untuk pramugarinya, yang harus mengikuti training selama 4 bulan.

Lalu apa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pramugari Singapore Airlines? Seperti tertera di poster lowongannya, kandidat harus memiliki tinggi badan minimal 158 cm, fasih berbahasa Inggris, dan lulusan perguruan tinggi dengan gelar sarjana atau diploma dengan pengalaman kerja.

SQ_requirement

Hanya tiga syarat saja yang tertera pada poster rekrutmen Singapore Airlines. Kelihatannya sederhana, namun mengapa ada begitu banyak kandidat yang gagal pada saat mengikuti tahapan-tahapan seleksi maskapai tersebut? Sebab, banyak kandidat yang masih belum mengerti apa yang dicari oleh maskapai itu.

Kriteria yang disebutkan tampak mudah, namun bila diteliti lebih lanjut ternyata tidak sesederhana itu. Singapore Airlines sangat ketat menjaga pencitraan pramugarinya, sehingga jangan heran bila pada saat kandidat melamar, persyaratan dasar yang telah ditetapkan harus dipenuhi. Tertera dalam poster, kandidat wajib lulus perguruan tinggi dengan gelar sarjana atau diploma berpengalaman kerja.

Persyaratan ini tidak bisa dikompromikan lagi, sehingga jangan heran bila kandidat yang masih berkuliah di semester akhir atau sedang dalam proses skripsi dan belum dinyatakan lulus oleh kampus, tidak bisa mengikuti seleksi maskapai tersebut. Banyak sekali kandidat yang mencoba mengkompromikan persyaratan yang satu ini dan harus kecewa saat diminta pulang dan mencoba kembali ketika sudah menyelesaikan studinya.

Dua tahun lalu, syarat ini dirasa sangat sulit dan cukup banyak membuat kecewa peminat yang tidak bergelar sarjana. Baru sejak tahun 2014, syarat latar belakang pendidikan ini diturunkan sedikit dari yang semula sarjana menjadi diploma dengan pengalaman kerja. Meski begitu, ini tak lantas membuat kandidat bergelar diploma menjadi lebih mudah untuk diterima.

Sebagai maskapai yang dikenal akan kualitas pelayanannya dan kerap membanggakan diri dengan label, “we set the benchmark for inflight service”, Singapore Airlines lebih menyenangi kandidat yang berpengalaman kerja di bidang service & hospitality. Lulusan akademi perhotelan atau sekolah pariwisata tentunya akan mendapat pertimbangan lebih dibandingkan lulusan jurusan lain.

Syarat tinggi badan minimal 158 cm bila dibandingkan dengan maskapai lain terlihat mudah. Namun jangan salah mengartikan kriteria yang satu ini, sebab tinggi badan tersebut harus diiringi dengan berat badan yang ideal pula. Lalu berapakah berat badan yang ideal menurut Singapore Airlines? Berat badan yang ideal menurut standar maskapai tersebut berada pada BMI (body mass index) 18 – 22.

Berhubung berat badan adalah isu yang sensitif dan sifatnya relatif tergantung tinggi badan kandidat, maka syarat ini tidak pernah dicantumkan oleh maskapai manapun di poster rekrutmen mereka. Meski begitu, apa yang tak tercantum bukan berarti tidak menjadi pertimbangan. Maskapai sering kali memberi petunjuk kandidat macam apa yang dicarinya dengan memuat foto salah satu pramugarinya. Bisa dilihat sendiri bagaimana perawakan pramugari Singapore Airlines pada poster lowongan di atas. Tampak langsing, kan?

Fasih berbahasa Inggris merupakan syarat lainnya yang ditetapkan dalam poster rekrutmen. Bisa berbicara, menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris secara lancar dan percaya diri sebetulnya merupakan syarat dasar bagi kandidat yang tertarik bergabung dengan maskapai asing, terutama maskapai bintang lima seperti Singapore Airlines. Kandidat tidak diwajibkan menguasai grammar secara mendalam dan profesional, meskipun begitu kemampuan tersebut sangat dihargai bila dimiliki. Lagipula yang dicari dalam rekrutmen adalah awak kabin, bukanlah guru Bahasa Inggris. Kemampuan bahasa asing selain Bahasa Inggris sudah pasti akan menjadi poin plus yang memberikan kans besar bagi kandidat untuk diterima.

Di luar ketiga persyaratan utama tersebut, bila kandidat melihat poster rekrutmen dengan seksama maka akan menemukan informasi lainnya mengenai kandidat ideal yang dicari oleh Singapore Airlines. Perhatikan seragam yang dipakai oleh para pramugari pada foto di atas. Kerah lehernya cukup memperlihatkan bagian leher dan dada atas, serta bagian lengannya menyingkap separuh tangan. Ini artinya kandidat harus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit supaya tampak cantik dan terawat.

SQ_skin check

Area yang harus diperhatikan secara lebih khusus adalah bagian yang tidak tertutup oleh seragam tersebut. Jadi bukan hanya wajah saja yang diperhatikan tetapi area lainnya di seputar leher, dada bagian atas, punggung, siku tangan dan jari-jemari hingga kaki bagian dalam. Ini penting sebab nantinya kandidat akan menghadapi tahapan skin check dan kebaya fitting yang akan memperlihatkan secara jelas area yang sudah disebutkan di atas.

Bekas luka yang tidak menonjol dan masih bisa ditutupi dengan concealer tidak perlu dikhawatirkan. Begitu pula dengan bekas luka di bagian dalam tubuh yang tidak tampak saat beraktivitas dalam balutan seragam tersebut. Namun bila ada tato atau bekas luka menonjol dan tidak bisa disamarkan, maka ada baiknya kandidat menjalani terapi ke dokter kulit terlebih dulu sebelum mengikuti rekrutmen. Sebab seragam tersebut sangat ikonik dan pemakaiannya oleh pramugari maskapai tersebut bersifat wajib dan tidak bisa dikompromikan.

Untuk meningkatkan kans diterima sebagai pramugari Singapore Airlines, ada baiknya kandidat membaca lebih jauh pencitraan Singapore Girl yang telah dimulai oleh maskapai tersebut sejak tahun 1972 (klik di sini).

Kesimpulan
– Persyaratan yang tertera pada poster rekrutmen biasanya merupakan persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh kandidat. Untuk menjadi kandidat ideal sesuai yang dicari oleh maskapai, kandidat harus memiliki kriteria tambahan lainnya. Kriteria lainnya bisa dicari tahu dengan melakukan riset mendalam mengenai profil pramugari / pramugara maskapai tersebut.

– Untuk menjadi kandidat ideal bagi Singapore Airlines, hal yang perlu diperhatikan adalah kriteria dasar yaitu tinggi badan minimal 158 cm dengan berat badan proporsional, berbahasa Inggris dengan baik dan lancar lisan maupun tulisan, dan merupakan lulusan perguruan tinggi dengan gelar sarjana atau diploma berpengalaman kerja. Lebih disenangi kandidat yang punya pengalaman kerja di bidang perhotelan, restoran, customer service atau jasa hospitality lainnya.

– Kebersihan, kesehatan, dan keindahan kulit harus menjadi perhatian khusus, sebab kandidat akan menghadapi tahapan skin check dan kebaya fitting yang menyingkap beberapa area kulit. Perhatian khusus harus diberikan di area kulit yang tidak tertutup oleh seragam. Usahakan agak di area tersebut tidak tampak tato, tanda lahir yang mengganggu, maupun bekas luka menonjol yang tidak bisa ditutupi oleh concealer.

 

– bersambung –

*Artikel ini adalah bagian dari serial artikel “Recruitment Prep” yang dimuat setiap minggu di website forumpramugari.com. Dilarang mengopi sebagian atau keseluruhan artikel ini tanpa seizin Forum Pramugari. Penyebarluasan artikel dalam bentuk share link melalui social media diperbolehkan dengan catatan direct link share melalui website, facebook, dan twitter resmi Forum Pramugari.

** Artikel ini ditulis oleh dearmarintan

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *