Kenali Citra Maskapai Impianmu

airline's image

Poster lowongan adalah hal pertama yang dilihat oleh seorang kandidat pada saat membaca info rekrutmen cabin crew. Kandidat kerap kali menganggap poster lowongan sebagai hal yang sepele dan hanya menyerap informasi teknis yang terkandung di dalamnya. Misalnya tanggal, tempat, dan waktu pelaksanaan rekrutmen. Padahal kalau dilihat lebih teliti lagi, ada informasi tersirat di dalam poster tersebut yang tidak kalah pentingnya untuk dipelajari. Apakah informasi tersirat tersebut?

A. Citra Maskapai

Setiap maskapai memiliki pencitraan tersendiri yang membuatnya dikenal oleh masyarakat. Pencitraan ini dipakai untuk membedakannya dari maskapai yang lain, terutama maskapai kompetitor yang bersaing di pangsa pasar yang sama. Sebagai bahan perbandingan, mari kita lihat lebih jauh pencitraan maskapai Garuda Indonesia dan AirAsia Indonesia. Kedua maskapai tersebut bersaing di pangsa pasar yang berbeda. Garuda Indonesia menyasar penumpang kelas menengah dan atas, sedangkan AirAsia menyasar penumpang berjiwa muda dan traveler yang sering bepergian dengan bujet terjangkau.

Tentu saja dari profil penumpang yang disasar akan ikut memengaruhi pencitraan maskapai. Bisa dilihat Garuda Indonesia mengedepankan keramahan khas Indonesia melalui pelayanan para pramugari dan pramugaranya. Sedangkan AirAsia menonjolkan citra enerjik, ceria, dan informal.

telaah poster Garuda

Pencitraan ini bisa dilihat dengan jelas dari tata bahasa yang terdapat di poster lowongan rekrutmen. Tata bahasa Indonesia yang baku dan kelengkapan informasi membuat poster rekrutmen pramugari Garuda Indonesia terlihat profesional. Kesan formal terlihat jelas pada pilihan kata dalam poster rekrutmen di antaranya seperti “Anda”, “individu”, “kompensasi”, dan “berwawasan global”. Adapun informasi mengenai rekrutmen semuanya dimuat jelas dan lengkap dalam setiap poster rekrutmen Garuda Indonesia, sehingga tanpa harus membuka website karir resmi maskapai tersebut, kandidat sudah bisa menyusun berkas lamaran yang diminta dan segera mempersiapkan diri sesuai kriteria yang dicari.

Sedangkan pada poster rekrutmen AirAsia tidak terlalu banyak informasi yang dimuat di dalamnya. Poster rekrutmen maskapai tersebut mirip seperti poster film atau sampul depan sebuah majalah yang mengedepankan wajah pramugarinya yang cantik dan menarik dalam balutan seragam merah yang menarik perhatian.

telaah poster AirAsia

Pilihan kata yang digunakan dalam poster rekrutmen pun mengesankan citra maskapai yang informal, menyenangkan dan berjiwa muda. Bisa dilihat dari beberapa kata yang terdapat dalam poster rekrutmen berikut ini, contohnya “bright”, “vibrant”, “craves for success”, dan “team player”. Adapun informasi lebih lanjut mengenai persyaratan rekrutmen dan berkas lamaran yang diminta baru bisa diketahui setelah kandidat membuka website karir resmi maskapai tersebut.

Dari sini sudah terlihat bagaimana pencitraan yang dipakai oleh kedua maskapai tersebut. Citra tersebut selanjutnya bisa menjadi acuan para kandidat untuk mempertimbangkan maskapai seperti apa yang mereka inginkan. Ini sekaligus menjadi petunjuk kriteria pramugari dan pramugara yang dicari oleh kedua maskapai tersebut.

Kesimpulan

– Citra Garuda Indonesia adalah maskapai yang membawa nama bangsa dan negara yang popular dengan keramahtamahan pramugara dan pramugarinya. Garuda Indonesia mengedepankan kesan elit, resmi, dan profesional. Pramugara dan pramugari maskapai ini terkenal akan penampilannya yang anggun dan dewasa.

– AirAsia Indonesia adalah maskapai berbujet terjangkau yang terkesan ceria, berjiwa muda dan menyenangkan. Pramugara dan pramugari maskapai ini terkenal akan penampilannya yang menarik dan enerjik.

– Kata-kata yang berguna dan bisa dipakai dalam mendeskripsikan diri pada saat interview Garuda Indonesia adalah “positif”, “dinamis”, dan “berwawasan global”. Sedangkan untuk rekrutmen AirAsia Indonesia, kata-kata yang lebih tepat digunakan adalah “fun” (ceria), “energetic” (enerjik), dan “vibrant” (bersemangat). Penggunaan bahasa Indonesia yang santun dan formal lebih disarankan untuk Garuda Indonesia, sedangkan untuk AirAsia Indonesia penggunaan bahasa Inggris semi-formal lebih diharapkan.

 

– bersambung –

 

*Artikel ini adalah bagian dari serial artikel “Recruitment Prep” yang dimuat setiap minggu di website forumpramugari.com. Dilarang mengopi sebagian atau keseluruhan artikel ini tanpa seizin Forum Pramugari. Penyebarluasan artikel dalam bentuk share link melalui social media diperbolehkan dengan catatan direct link share melalui website, facebook, dan twitter resmi Forum Pramugari.

** Artikel ini ditulis oleh dearmarintan

Use Facebook to Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *