DFP: Saya Berjilbab, Bisakah Jadi Pramugari?

oldenvelope_2

From: Dewi Ayu Anggraini

Dear Forum Pramugari,

Saya berjilbab. Kalau pramugari reguler yang bisa menggunakan jilbab ada gak? Thanks.

###

Dear Dewi,

Berjilbab itu pilihan religius individual yang dilakukan sama wanita muslim. Kalau memilih berjilbab, sudah pasti pakaian yang dipakai pun menyesuaikan untuk menutup aurat. Berpakaian tertutup, longgar, tidak menerawang apalagi menjiplak di bagian tubuh tertentu.

Sementara untuk maskapai reguler, apapun itu maskapainya, sudah pasti punya ketentuan seragam masing-masing. Desain seragam selain menyesuaikan dengan aspek keamanan dan kenyamanan dalam bergerak, tentunya juga sudah dipikirkan untuk menonjolkan image maskapai tersebut. Jadi sayang sekali untuk saat ini belum ada maskapai reguler, kecuali Saudi Arabian Airlines dan Nas Airlines (keduanya adalah maskapai dari Saudi Arabia), yang benar-benar menutup aurat dan seragamnya dipengkapi dengan headscarf yang menutupi telinga dan rambut.

Untuk maskapai-maskapai Timur Tengah yang lain, Emirates dan Etihad misalnya, tidak bisa dikatakan full jilbab seragamnya. Memang ada topi dengan kerudung gelawir yang menggantung di topi tersebut. Tapi itu tidak menutupi aurat sepenuhnya karena leher, telinga dan rambut masih terlihat. Belum lagi roknya yang selutut yang tidak menutupi kaki seluruhnya seperti kaidah berpakaian yang diharapkan diterapkan bagi mereka yang biasa berjilbab.

Pramugari Saudi Arabian Airlines (sumber: alarabiya.net)

Saudi Arabian Airlines flight attendant (source: alarabiya.net)

Emirates flight attendant (source: maltastar.com)

Emirates flight attendant (source: maltastar.com)

Etihad flight attendants (source: nytimes.com)

Etihad flight attendants (source: nytimes.com)

Nah, karena itu keputusannya ada di kamu dan para kandidat lainnya. Maukah berkompromi dengan seragam maskapai reguler yang tidak berjilbab? Kalau mau, maka selama on duty harus memakai seragam tanpa modifikasi apapun yang melanggar ketentuan cara berpakaian yang sudah ditetapkan oleh maskapai. Barulah saat off duty, kamu bisa memakai jilbab yang sesuai dengan aturan agama Islam. Tapi kalau keyakinanmu kuat dan tidak bisa berkompromi dengan jilbab, maka pilihanmu terbatas hanya pada maskapai khusus penerbangan haji atau Saudi Arabian Airlines dan Nas Airlines saja.

Semoga jawaban ini bisa membantu ya. Terima kasih 🙂

Forum Pramugari

Punya pertanyaan seputar dunia flight attendant? Silakan kirim pertanyaanmu melalui email ke forumpramugari@gmail.com atau message ke Facebook Fanpage Forum Pramugari. Pertanyaan yang terpilih akan dimuat di rubrik Dear Forum Pramugari seperti surat di atas ini. Terima kasih 🙂

Use Facebook to Comment

comments

7 comments on “DFP: Saya Berjilbab, Bisakah Jadi Pramugari?
  1. Dear Dewi,

    Kebetulan saat umroh kemarin aku pake pesawat Egypt Air, trus ak liat banyak kok yg pake jilbab dan cantik2 pula :p .nah mungkin klo ada recruitment nya coba aja deh 🙂

  2. sekarang di indonesia ada salah satu maskapai yang membolehkan pramugarinya untuk memakai kerudung, yaitu NAM AIR. selamat mencoba!

  3. tentu saja bisa, tapi disesuaikan dengan maskapai yang memperbolehkan penggunaan uniform yang berhijab. dan kebanyakan maskapai yang uniformnya tertutup itu dari middle-east airline seperti saudi arabian airline, egypt air, dan berbagi maskapai yang mempunyai charter flight khusus hajj flight seperti orient thai, Garuda Indonesia MEA. tapi kalo untuk regular flight,menurut saya baru NAM air dan Transnusa saja maskapai indonesia yg mempunyai hijab uniform. dan maskapai tersebut sementara untuk perekrutannya hanya mengutamakan expri saja. tapi patut dicoba dulu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *