DFP: Ikut Rekrutmen Tanpa Ijazah

fzm-Old-Air-Mail-Envelopes-(1)-01

From: Putra Nasution

selamat malam Forum Pramugari,
maaf menganggu
saya ingin menanyakan suatu hal dengan mbak
saya ini bercita cita menjadi pramugara udara
dan saya ini masih 17 tahun atau masih smk kelas 3
saya mau tanya disaat maskapai merecrut pegawai .kan ada persyaratan ijazah…kalau ijazah nya menyusul dulu bsa mbak……soalnya kita kan baru ujian un mbak dan hanya ada surat keterangan sudah mengikuti ujian nasional mbak..

Dalam episode FP yang pernah saya baca…..ngak masalah yang jlas ijjazahnya bisa menyusul ….menurut mbak gmna ….soalnya kan saya mau ikut recrut pramugara Lion Air kemungkinan bulan 4.. gmana pendapat mbak tentang hal ini mohon di balas mbak..

###

Dear Putra,

Untuk rekrutmen FA, biasanya maskapai meminta ijazah sebagai bukti bahwa kandidat sudah lulus tahap pendidikan minimal yang disyaratkannya. Bila belum ada, kamu bisa saja membuat surat keterangan bahwa dalam periode dekat kamu akan lulus. Namun, ini sangat tidak saya sarankan, sebab biasanya tim rekrutmen tidak mau mengambil resiko menunggu kepastian apakah kamu akan lulus atau tidak. Selain itu, ada banyak kandidat lainnya yang sudah lebih dulu siap dan memiliki ijazah kelulusan di tangan. Tentu saja ini akan menjadi pertimbangan tersendiri dari pada rekruter. Kecuali kamu punya poin plus (seperti bisa berbahasa asing selain Bahasa Inggris) dan memiliki pengalaman kerja (magang, part-time yang berhubungan dengan dunia hospitality), saya sarankan kamu untuk menunggu saja hingga ijazah kelulusan sudah di tanganmu.

Memang bagi sebagian airlines tidak masalah, karena proses rekrutmen itu sendiri memakan waktu. Sekarang coba kita perjelas lagi ya, bulan berapa kamu kira-kira akan dinyatakan lulus dan tidak terikat lagi dalam urusan akademik apapun dengan sekolahmu? Di Lion Air proses rekrutmen hingga akhirnya dinyatakan diterima dan bisa menjadi FA, memakan waktu bervariasi dari 1 hingga 2 bulan lebih. Setelah dinyatakan diterima, kamu akan diminta untuk menyerahkan beberapa dokumen asli untuk diperiksa keabsahannya. Dan bahkan ijazah aslimu akan diminta untuk dipegang oleh pihak perusahaan. Ada kemungkinan mereka mengenyampingkan dulu kandidat yang masih lama lulusnya atau belum memegang ijazah kelulusan pada saat melamar.

Semoga penjelasan ini mencerahkan. Dan semoga studimu cepat selesai ya 🙂

Photo source: fuzimo.com

Use Facebook to Comment

comments

,
2 comments to “DFP: Ikut Rekrutmen Tanpa Ijazah”
  1. Selamat sore saya mau nanya, saya resign dari Lion sebelum masa kontrak habis. yang saya mau tanyakan bagaimana prosedur untuk pengambilan ijazah di lion skearan? Terimakasih

    • Dear Isti,
      Perlu kami informasi bahwa kami bukan bagian dari Lion Group. Hal hal mengenai kepegawaian, sistem kerja dan procedure lain nya silahkan hubungi department Lion Group terkait. Terima kasih

      Salam FP
      ^A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *