DFP: Sekolah Pramugari, Perlu atau Tidak?

fzm-Old-Air-Mail-Envelopes-(1)-01

From: Bella Octaviani

Dear Forum Pramugari,

Perkenalkan nama saya bella, saya mau nanya2 tntang pramugari bisa ?
Uda dari lama berkeinginan mnjd pramugari , dan bbrpa blan ini brusaha mncari info tntang pramugari , dan td d skolah saya ada penyebaran brosur tntang pramugari. Di dlm brosur d katakan ada pendidikan pelatihan pramugari (diklat) apa perlu memakai sprti itu ya ?

Tapi kata salah seorg saudara saya yang sudah mnjdi pramugari tdk perlu memakai diklat sprti itu , hanya prlu mengikuti tes , bila lulus tes saya akan diterima dan disekolahkan langsung oleh pihak trsbt . Kira2 tesnya sprti apa saja ya ?

###

Dear Bella Octavia,

Sekolah pramugari itu pastinya tidak gratis bukan? Kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya dan meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk mengikuti pendidikan di sana. Sementara hasil akhirnya masih belum pasti, apakah kamu akan menjadi pramugari atau tidak. Apakah sekolah tersebut menjanjikan lulusannya akan langsung menjadi pramugari begitu lulus? Tentu tidak, kan? Kalau ya, sudahkah kamu teliti apakah lulusannya benar-benar ada yang langsung menjadi pramugari? Kalau ada, berapa persen dari jumlah siswa sekolah tersebut yang benar-benar berhasil jadi pramugari?

Saran saya, tidak perlu mengikuti sekolah-sekolah seperti itu. Sebab biayanya tidak murah dan kalaupun kamu diterima di sebuah maskapai nantinya, mereka akan menyekolahkan kamu dalam sebuah training tanpa dipungut biaya (gratis). Daripada membebankan biaya sekolah pramugari pada orang tuamu, lebih baik kamu mencoba mengikuti beragam event rekrutmen saja. Dari rajin mengikuti, nantinya kamu akan bisa mengukur kemampuanmu sejauh mana dan memperbaiki kualitas dirimu sehingga bisa lebih baik lagi di rekrutmen berikutnya. Saya yakin dan percaya kamu pasti bisa jadi pramugari asal kamu tekun berusaha dan berdoa. Semoga jawaban ini membantu ya… semoga sukses ya 🙂

Warm regards,

Forum Pramugari

Use Facebook to Comment

comments

12 comments to “DFP: Sekolah Pramugari, Perlu atau Tidak?”
  1. Setujuuu!! Karna yng mnemntukan diterima / tidak nya menjadi FA itu bukan dari mngikuti sekolah pramugari, tp dari kmampuan kita sendiri

    • Hai bella,
      Setujuu sekali dengan pendapat diatas,tidak perlu sekolah pramugari,kalo Bella berminat bisa coba buka blog delimalubis@blogspot.com..disitu bisa tanya2 kata teman saya sangat membantu sekali persiapan untuk jadi pramugari.
      Semoga info ini bermanfaat ya…

  2. Gak perlu mbak. solanya nanti kalau mau kerja juga harus ikutan test lagi. sama kayak anak anak yang lain. kan peeaturan di setiap maskapai beda beda. dan buktinya yang lulusan sma smk juga bisa masuk kok mbak.

  3. Gak perlu mbak. mendingan uangnya buat jajan lumayan loh. rata rata sekolah pramugari gak friendly harganya. lagian nanti kalau mau kerja juga harus ikutan seleksi lagi dan tidak ada perbedaan untuk yang sekolah FA atau yang tidak. mbak bisa lihat kriteria maskapai beda beda dan gak ada spesifikasi calon pelamar yg ditulis LULUSAN SEKOLAH FA. pasti ditulisnya SMA sederajat Atau Min D3 . kalau sekolah FA me urut saya itu cuma buat peminat nya aja. sertifikat yg di dapet juga belum.tentu dpt license dari maskapai. kalau sekolah FA mau ya yang udah pasti langsung kerja. 🙂 Sma juga bisa kok mbak. pengalaman <<<<<

  4. exactly…..ga harus ikut sekolah praqmugari2an…. kalo mau lanjutin sekolah mending skalian S1, heheeee trus daftar di SQ, mantap…..

    • Wahai kawan2 semua…maaf itu Bukan blog saya,dan saya Bukan sampaahh….saya hanya sekedar memberikan info Jika mungkin bermanfaat…
      Jangan sombong teman…tidak ada Maksud menyampah,saya bermaksud baik untuk sharing apa yg saya ketahui…kalo masuk berulang kali mohon maaf karena ada kesalahan.
      Terima kasih….

  5. Iya min, ga wajib juga sih sekolah pramugari, soale sepupu gw kuliah Public Relation dan sekarang dia masih kerja di Cathay Pacific..
    Min, tolong bahas dong pekerjaan menjadi pramugari/ pramugara/ airline staffs itu bisa jadi lifetime career atau ngga? Thanks yah! 😀

  6. Bisa gak sekolah pramugari dianalogikan dengan bimbingan belajar yang ditujukan buat murid SMA untuk persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri ? Tidak ada kewajiban buat murid SMA untuk ikut bimbingan belajar, toh juga masih harus ikut test masuk. Tidak ikut bimbingan belajar pun masih bisa masuk PTN. Tapi, bagi yang ikut bimbingan belajar, paling tidak akan mengetahui, kira-kira soal test-nya seperti apa, metode cepat untuk mengerjakan soal tersebut, lalu tiap hari dilatih mengerjakan soal-soal. Dan saya kira yang mengikuti bimbingan belajar akan lebih siap menghadapi test masuk PTN bila dibandingkan dengan yang tidak mengikuti. Apakah hal yang sama bisa dianalogikan dengan sekolah pramugari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *