[Part 2] Cabin Crew’s Story: Indah Pada Waktunya

Menjadi pramugari Orient Thai Airlines membuatku bisa mengunjungi beragam tempat. Foto ini diambil di depan Masjid Hasan II (masjid terbesar ke-7 di dunia) di Casablanca, Maroko.

Menjadi pramugari Orient Thai Airlines membuatku bisa mengunjungi beragam tempat. Foto ini diambil di depan Masjid Hasan II (masjid terbesar ke-7 di dunia) di Casablanca, Maroko.

29 November, jadilah aku pengangguran lagi karena kemarin hanya kontrak tiga bulan untuk terbang haji saja, hahaha nasib. Aku mulai semangat melamar-melamar lagi supaya segera dapat pekerjaan. Sampailah pada percobaan kelima, aku mencoba peruntungan mengikuti seleksi pramugari Garuda Indonesia pada 1 Desember 2012. Jeng jeng jeng jeng!

Seperti sebelumnya, aku menjalani satu per satu tes GA. Semua kulalui dengan sabar, termasuk kegalauan menunggu sms hingga tes terakhir yaitu pantuhir. Ternyata aku lolos pantuhir dan keesokan harinya aku diundang untuk langsung menandatangani kontrak. Kalau ditanya perasaanku bagaimana, sudah pasti senang karena akhirnya diterima dan tinggal menandatangani kontrak. Tapi… masih ada satu hal yang bikin galau, karena…

Sebelumnya pada pertengahan Desember aku juga mencoba rekrutmen flight attendant Emirates (percobaan keenam). Yah, mana tau kan rezekinya di mana, jadi meskipun sudah pernah ditolak aku tetap mencobanya.

Hari pertama aku lolos dan diundang untuk datang di hari ke-dua bersama kurang lebih 70-an kandidat pramugari dan kali ini hanya ada empat orang kandidat pramugara. Setelah melewati group discussion, presentation dan quick interview, aku mendapat selembar kertas yang dilipat dua, kali ini tulisannya β€œThank you… and Congratulations!!”

Wah, senangnya luar biasa! Aku lolos ke tahap selanjutnya yaitu Written English Test (fyi, yang lolos tahap ini hanya 10 orang dan semuanya perempuan). Dengan jantung masih deg-degan kegirangan udah disuruh masuk lagi untuk tes selanjutnya, ada soal reading, multiple choice, match, fill in the blank and essay dengan waktu mengerjakan hanya 45 menit.

Setelah itu seluruh kandidat keluar ruangan lagi untuk menunggu hasilnya. Kami semua dipanggil berlima-lima ke dalam sebuah ruangan dan diberi kertas lagi berisi pengumumannya. Dan isinya… congratulations again!!!

Oh God, aku seneng banget!! Meski begitu, di saat masih merasa kegirangan kami semua disuruh bersiap untuk tes selanjutnya, yaitu group discussion lagi (sampai tahap ini sudah disaring lagi menjadi lima orang). Inti diskusinya sih tentang bagaimana cara kita menyampaikan sesuatu yang buruk dengan cara yang positif, kemudian kembali keluar ruangan menunggu hasil, dapat kertas lagi berisi congratulations!! Di tahap ini yang mendapat kertas berisi ucapan congratulations hanya empat orang, termasuk aku. Kami semua diminta datang keesokan harinya untuk menjalani final interview (FI) one by one selama satu jam per orang.

Ya Tuhan aku senang banget!!! Eitss, tapi perjalanan masih panjang karena sore itu aku harus pulang naik bus TransJakarta. Sudah pasti macet dong saat jam pulang kantor, padahal aku masih harus bikin foto baru dengan memakai blazer dan mengisi online psychometric test yang linknya sudah dikirim oleh RO via email. Tes ini harus dilakukan sebelum jam 9 malam, lalu aku pun masih harus nge-print casual photo dan fotokopi berwarna passport (semuanya dikumpulkan besok).

Untungnya sih semua itu bisa kulakukan karena diantar sana sini sama pacar :D. Besoknya aku datang lagi ke Hotel Ciputra untuk FI. Jangan ditanya lagi bagaimana perasaanku, nervous sudah pasti. Tapi aku sudah pasrah deh mau ditanyain apaan juga. Intinya sih RO-nya nanya tentang diri kita yang dia lihat dari hasil psychometric test semalam, tapi bertanya dengan cara yang berbeda, seputar pengalaman, dan sebagainya.

Mereka bilang akan mengabari hasilnya dalam empat sampai enam minggu setelah FI. Nah, sekarang mengerti kan gimana aku gak galau karena menunggu kabar ini? Kalau ternyata keduluan sama pengumuman pantuhir GA gimana ini? Aduuuhhh >.<

Ternyata EK mengabari lebih cepat dari dugaan, yaitu dua minggu kemudian. Tepatnya sore hari di tanggal 15 Januari 2013. I got the golden call!!! Seharian aku cuma bisa senyam-senyum, mesam-mesem sendiri kegirangan. Golden call itu kuterima tepat waktu karena pagi sebelumnya aku mendapat sms bahwa aku lolos background check di GA dan tanggal 17 itu pantuhir. Meski sudah mendapat golden call, lusa aku tetap datang seleksi terakhir di GA, yaitu pantuhir.Ternyata hasilnya langsung diumumkan melalui sms sorenya dan dinyatakan bahwa aku lolos juga!

Ya Tuhan, kemarin aku dua-duanya gak lolos kenapa sekarang dua-duanya lolos? Nah, bingung kan… Di rumah aku membicarakan ini dengan orang tua, papa mama maunya aku di Garuda saja karena bisa tetap tinggal di Indonesia. Tetapi aku punya keinginan yang lain, aku lebih memilih Emirates dengan base di Dubai dan karena destinasinya yang jauh lebih banyak dari GA, walaupun sama-sama four star airlines. Jadilah aku mohon maaf kepada pihak HRD GA karena tidak bisa ikut penandatanganan kontrak pada waktu yang telah ditentukan.

Minggu depannya aku akhirnya menghadiri wisuda yang tertunda pada bulan September kemarin. Sementara itu, aku pun sudah menjalani medical check up dan beberapa suntik vaksin sebelum keberangkatanku ke Dubai pada bulan April. Doakan semoga trainingku di sana berjalan lancar ya πŸ˜€

Ini adalah Emirates Flight Attendant Manual yang harus kupelajari selama enam minggu masa training :)

Ini adalah Emirates Flight Attendant Manual yang harus kupelajari selama enam minggu masa training πŸ™‚

Senyum manis setelah selesai melakukan Turbulence Assessment :D

Senyum manis setelah selesai melakukan Turbulence Assessment πŸ˜€

Anyway, aku selalu percaya bahwa semua itu indah pada waktunya karena Tuhan telah merancang kehidupan kita sedemikian rupa. Yang harus kita lakukan adalah selalu berusaha dan jangan berhenti berdoa. Percaya dan selalu ingat itu πŸ˜€

4:00am 2/4/13
Bibri

*Photos and story by: Bibriyanti Utami Putri
**Saat ini Bibriy berada di Dubai dan tengah menjalani training di Emirates Aviation College.

Note: Are you a cabin crew? Have inspiring or interesting stories about your job? Do share with fellow wannabes at Forum Pramugari. Send your story and photos to forumpramugari@gmail.com with email subject β€œCabin Crew’s Story”. Don’t think you have a talent for writing? Just contact me via email, I’ll interview you in person and do the magic for your inspiring story. Sharing is caring πŸ˜€

Use Facebook to Comment

comments

,
30 comments to “[Part 2] Cabin Crew’s Story: Indah Pada Waktunya”
  1. you are the man!! eh i mean, you are great influence, congratulation ya, saya wannabes lagi harharcem, harap harap cemas hahaa

  2. subhanalloh… setelah ditolak berkali2 akhirnya diterima, bibriy aqw boleh minta account skype kamu nggak? aqw mau tanya2 lebih banyak sama kamu.. boleh??

  3. WOW 6weeks training in UAE for Emirates and the first plane is A380.. OFCOURSE.. if i were you i would like to choose EK too rather than GA which start with Boeing .. hahahaaa
    #But the manual guide books, looks like a homework HA HA!!

  4. Wow sangat menginspirasi πŸ™‚ your story bring my spirit back to reach my dream! Thx dear.. Take care over there πŸ™‚

  5. “good girl, finish last” πŸ™‚

    “Anyway, aku selalu percaya bahwa semua itu indah pada waktunya karena Tuhan telah merancang kehidupan kita sedemikian rupa. Yang harus kita lakukan adalah selalu berusaha dan jangan berhenti berdoa. Percaya dan selalu ingat itu :D….”

    keren ya..udah cantik, smart, dan memandang segala sesuatu dengan positve… πŸ™‚

    selamat Birby!

  6. congratulations bibry πŸ˜€
    Seandainya aq seberuntung kamu Bibry , wow πŸ™‚
    Good luck ya untuk trainingnya di Dubai πŸ™‚

  7. God … cetar bgt , selamat teh bibry … doain smoga saya jg bisa lolos .. recruitment trakhir ga bisa dateng, jdwal kantor full :'(

  8. Ceritanya memotivasi banget. Gw juga yakin dibalik semua cobaan pasti ada hikmah luar biasa. Gw percaya gak ada yang sia” di dunia ini kalau kita mau usaha.

  9. May i know how old are u ? And what are u doing while u were failed by the previous requirement, except waiting for the next one? Do u applied ur cv at company or just wait the next eequirement ? πŸ™‚
    Thankyou.. and ur story has just inspired me πŸ˜‰

Leave a Reply

%d bloggers like this: