[Part 1] Cabin Crew’s Story: Indah Pada Waktunya

IMG_20120907_150236

Hai, namaku Bibriy ๐Ÿ™‚ Foto ini diambil saat aku sedang mengunjungi Grand Palace di Bangkok, Thailand ๐Ÿ˜€

Hai semuanya, namaku Bibriyanti Utami Putri, biasanya dipanggil Bibri, agak susah dilafalkan memang tapi memorable kan hehehe…

Aku ingin berbagi pengalaman waktu melamar menjadi pramugari. Percobaan pertama yaitu Singapore Airlines (SQ), waktu itu aku masih kuliah di UI jurusan Sastra Prancis semester akhir, mama memberi tahu aku kalau SQ buka rekrutmen di Jakarta. Kemudian pada tanggal rekrutmennya aku langsung datang ke tempat interviewnya di Slipi dengan membawa foto dan CV.

Dengan semangat aku datang pagi-pagi naik TransJakarta yang waktu itu lumayan kosong karena weekend. Sesampainya disana antri dengan banyak pelamar yang lain, sempat minder juga karena kulitnya putih-putih, tinggi dan sangat ramping-ramping. Akhirnya aku mengumpulkan berkas tadi dan mengisi formulir, setelah itu recruiter nya bertanya ke aku,

โ€œKamu lulus kapan?โ€

โ€œBulan Juli mbak.โ€

โ€œOoh kira-kira ijasahnya bisa keluar kapan?โ€ ya aku jawab dengan jujur โ€œsepertinya September atau November mbak.โ€

โ€œOh begitu, kita butuh ijasah kamu paling lambat empat bulan dari sekarang, sayang sekali ya, ya sudah kamu isi daftar hadirnya saja dan formulirnya ditinggal saja.โ€

Pada waktu itu rekrutmennya bulan April dan jelas aja gak keburu kalo harus ngumpulin ijasah empat bulan lagi. Akhirnya aku pulang naik transjakarta lagi, gak sia-sia sih jadi tau seperti apa mau melamar pramugari itu. Yah aku kembali ke rutinitas sebelumnya, kuliah seperti biasa lagi dan setiap weekend jadi SPG (sales promotion girl) part time lagi.

Kemudian aku mulai browsing rekrutmen pramugari apa yang sedang buka dan ternyata akhir April Garuda Indonesia mengadakan open recruitment (sebelumnya aku tidak tahu bahwa rekrutmen pramugari maskapai ini selalu diadakan secara rutin di Jakarta tiap bulannya).

Aku langsung semangat lagi dan buru-buru daftar online. Jadilah aku diantar papa ke duri kosambi pagi-pagi dan mengikuti tes pada hari itu: ukur TB/BB, tes penampilan, dan lolos langsung siangnya lanjut psikotest dan tes Bahasa Inggris. Selesainya pun sore dan keluar dari ruang kelas rasanya pusing habis lihat angka-angka, tapi karena aku suka bahasa inggris menurut aku soalnya lumayan gampang.

Kemudian aku pulang dan malamnya menunggu pengumuman via sms, dan ternyata lolos! Lalu dijadwalkan untuk wawancara kompetensi dan wawancara user dimana kedua tes tersebut aku lolos lagi, dan sampailah untuk medical check up di Garuda Sentra Medika dari pagi sampai sore dan aku harus menunggu pengumumannya lagi via SMS, sodara-sodara!!Entah kenapa kalau SMS itu belum masuk kayaknya mau ngapa-ngapain gak enak dan jadi kurang tenang.

Jadilah di suatu sore di bulan Mei akhirnya sms nya datang juga tapi isinya mengecewakan yang intinya โ€œMaaf, Anda dinyatakan unfitโ€.

Dalam hati aku membatin, “Yaaaahh, udah sampai tahap ke enam tapi gagal dan aku penasaran ini gak lolos karena apanya ya? Perasaan aku sehat-sehat aja deh!” Rasanya pengen langsung buang hape, hehehe tapi nggak jadi kulakukan sih. Yah, akhirnya aku menghibur diri saja dan lebih fokus belajar untuk UAS dulu pada waktu itu.

Selanjutnya percobaan ketiga di bulan Juni, Emirates! Nah, yang ini aku lihat dari Forum Pramugari karena waktu itu teman sebelah aku waktu hari pertama tes Garuda memberi tau tentang forum ini.

Seperti biasa, registrasi online dulu sebelum datang open day. Sehari sebelum hari H aku menginap di Palmerah tempat nenek biar gak terlalu jauh ke tempat interview nya. Besoknya jadilah aku datang ke Hotel Ciputra diantar om ku yang rumahnya dekat dari rumah nenek. Sampai disana aku naik ke lantai 6 dan langsung antri di depan sebuah ruangan bersama peserta lain.

Hari pertama diselenggarakan oleh agent yaitu Sass Atlantic dan pada saat itu tesnya ukur arm reach dan group discussion yang satu grupnya berisi 15 orang. Topik diskusinya ringan yaitu jika dilahirkan kembali kalian ingin menjadi perempuan atau laki-laki. Semua orang di grupku setuju untuk menjadi perempuan dan masing-masing menyebutkan alasannya.

Dalam satu grup kira-kira diambil tiga sampai lima orang, dan yang disebutkan namanya untuk stay dialah yang dipilih untuk ke tahap selanjutnya, dan namaku juga disebut! Senang ๐Ÿ™‚ aku dan teman-teman yang lolos kemudian makan siang bareng dan sorenya kembali lagi untuk briefing mengenai persiapan untuk maju ke tahap screening & assessment yang akan dilaksanakan dua minggu lagi oleh Recruitment Officer dari Emirates langsung.

Hari kedua, ada sekitar 70an calon pramugari dan pramugara yang dipilih dari seleksi kemarin. Hari itu arm reach lagi, group discussion and presentation on any assigned topics dan quick interview sama RO nya. Hasil seleksi untuk tahap berikutnya langsung diumumkan pada saat itu juga, namun ternyata aku mendapat kertas yang tulisannya โ€œThank you blablabla and Sorry etc…โ€ yah gagal lagi…

Aku pulang dengan agak kecewa sambil introspeksi diri, “Apa yang kurang ya?” Lalu aku sadar, ah mungkin gaya ngomongku pas interview masih childish dan gak dewasa, maklum salting di depan RO tadi.

Juli, aku selesai UAS dan dinyatakan lulus di website universitas. Senangnyaโ€ฆ tapi bingung mau kerja apa mana kemarin-kemarin gagal nyoba pramugari :(. Oh iya, pada bulan Juni dan Juli aku sempat SPG-an lagi kali ini event di PRJ, daripada nganggur hahaha.. lumayan habis itu bisa beli hape baru yang belum diganti dari semester satu.

Pada saat jaga di PRJ, mama memberi info lagi dari temannya kalau ada penerimaan pramugari untuk haji, interview nya di Kuningan, Jakarta Selatan. Jadilah aku dengan agak ogah-ogahan mencoba interview di situ (efek ditolak melulu jadi udah males-malesan). Percobaan keempat, yang ini Orient Thai Airlines yang merupakan charter airlines dibawah Saudi Arabian Airlines untuk musim haji. Proses rekrutmennya gak ribet seperti SQ, GA atau EK, hanya interview dan group discussion, and Iโ€™m in! Minggu depannya aku langsung diminta training di tebet selama satu bulan, maka job spg di prj aku tinggalin.

Training was a little tough but fun! Aku harus menghafal manual book yang setebal boks sepatu selama training tapi seru juga karena kenal dengan 35 teman-teman baru dari latar belakang yang berbeda di satu kelas itu. Pengajarnya sebagian dari Thailand dan sebagian dari Garuda.

Agustus training selesai dan kita menunggu di rumah masing-masing kapan berangkat untuk drill di Bangkok, yey! Lalu akhirnya tanggal dua September (sehari setelah ulangtahun aku loh) aku dan teman-teman berangkat ke Bangkok(walaupun akhirnya aku harus menunda wisudaku yaudah gapapa lah masih bisa tahun depan).

IMG_20121121_155856

Aku bersama teman-teman flight attendants Orient Thai Airlines dari Maroko, Thailand, dan (pastinya) Indonesia pada waktu istirahat dalam penerbangan Jeddah – Jakarta ๐Ÿ˜€

Ini pertama kalinya aku pergi keluar negeri, senang banget! We stay in a hotel for free for almost two weeks, how awesome is that. Wet drill, fire drill dan slide drill berlangsung selama 2 hari disusul observe yaitu menjadi penumpang mengamati bagaimana pramugari yang lain bekerja di pesawat, kemudian on job training kita jadi awak kabin tambahan dan melayani penumpang.

Ketika observe aku dapat flight Bangkok-Phuket Phuket-Bangkok dan ketika on job training rute Bangkok-ChiangMai ChiangMai-Bangkok (fyi, beberapa temanku yang beruntung dapat rute Bangkok-Hongkong dan layover disana satu hari). Sisanya kita bebas jalan-jalan, foto-foto, belanja di weekend market, dll. Pokoknya magabut banget deh soalnya salary kita dihitung per hari mulai dari keberangkatan dari Jakarta.

Nah selama hampir dua minggu puas di Bangkok akhirnya pesawat 747-400 yang terakhir siap berangkat dari Bangkok ke Jeddah mengangkut Indonesian crew, thai crew dan beberapa pilot (aku lupa bilang untuk yang ini kita tinggalnya di Jeddah). Di Jeddah kita tinggal di compound semacam apartemen gitu deh ada sekitar 20 bangunan terpisah dan cuma tiga lantai, tempatnya nyaman dan fasilitasnya lengkap kok.

Singkat cerita September sampai akhir November aku terbang, udah jadi pramugari loh ๐Ÿ˜€ aku dapet rute ke Surabaya, Jakarta, Kuwait, Maroko, Madinah (sering terbang ke Jakarta kok jadi nggak begitu kangen rumah hehe).

Gak terasa waktu cepat banget berjalan, aku beruntung banget satu group sama orang-orang yang menghargai satu sama lain, senior nya juga helpful, aku juga satu compound sama roommates yang asik-asik walau kelakuannya ajaib hahaha.. Honestly, it feels like summer camp than working, the best thing is.. you got paid, and the bonus you can travel ๐Ÿ˜€

IMG_20121121_040754

Aku di depan Masjidil Haram, Madinah. Bersyukur sekali aku bisa bekerja sambil beribadah ๐Ÿ˜€

~ To be continued ~

*Photos and story by: Bibriyanti Utami Putri

Note: Are you a cabin crew? Have inspiring or interesting stories about your job? Do share with fellow wannabes at Forum Pramugari. Send your story and photos to forumpramugari@gmail.com with email subject โ€œCabin Crewโ€™s Storyโ€. Donโ€™t think you have a talent for writing? Just contact me via email, Iโ€™ll interview you in person and do the magic for your inspiring story. Sharing is caring ๐Ÿ˜€

Use Facebook to Comment

comments

,
22 comments to “[Part 1] Cabin Crew’s Story: Indah Pada Waktunya”
  1. sis, waktu kamu walkinterview orient thai kira2 ada brp banyak org yg ikut? trus itu diharuskan pake blazer +celana enggak sich, yg mirip sama seragamnya mereka itu? Satu lagi, konfirmasi penerimaannya langsung di tempat, by mail, or lewat sms kyk garuda? Trims.

      • @sis, yang angkatan kamu totalnya ada brp org skrng yg di training? hati enggak tenang nc, hari ini yg datang lumayan banyak t’akhir jam 13.00 aku selesai nomor antrian sudah sampai 100 lebih yang perempuanya (T_T’)

  2. Tak ada doa yg tak didengar,tak ada harapan yg menjadi mimpi belaka…Keep on flight.. teruslah terbang yang tinggi, ukir prestasi dan nama km di awan, biar mereka bangga trhadap mu..see you on earth:)

  3. Hello…Bibry, we have a same graduated college ๐Ÿ™‚
    aku tertarik untuk jadi FA di orient thai and mau tes minggu nanti tanggal 21, tapi aku ragu banget sama kontraknya…ada yang pernah pengalaman tes katanya langsung di kontrak 3 tahun, is that true??karena sepengetahuan aku, kita di training dulu, baru ditawarin kontrak beberapa tahun…
    Same as like the other FA wannabes, aku pasti kangen banget sama Indonesia kalo aku lama ga pulang ke negri sendiri…begitu,thanks infonya ๐Ÿ™‚

  4. Very inspiring! Gak pernah patah semangat! Sukses buat Ab-initio trainingnya ya! Mudah2an bs ketemu ya! ๐Ÿ™‚ ditunggu part 2nya ๐Ÿ˜€

    • @dyra wa… sis aku juga kurang tau coz aku juga baru aja ikut interview OX kali ini ๐Ÿ˜› klo pastinya sich bisa dijawab sama @bibriy coz dia yang sudah taken contract dengan OX

  5. wow…sudah nyoba berkali2 ya ternyata mba bibri..
    hebat banget… memamg mimpi itu harus yg nyata…bertindak juga harus nyata..maka sukses akan menjadi nyata… jadi semangat ๐Ÿ™‚
    God bless us ๐Ÿ™‚
    im the wannabes also,lets share the info n support together fellas! 323fef5c

  6. sumpah merinding aku bacanya… Allah memang maha kuasa, ketika lulus di SQ GA dan EK tetapi tetep aja gagal , dan di Orient thai langsung keterima dan berkesempatan mengunjungi tempat dimana seluruh umat muslim di dunia mengimpikan tempat itu… Allahuakbar ๐Ÿ™‚

  7. hy kak bibriy.. aku mau nanya? wktu interviewnya pake bahasa indonesia ya kak? terus yg diskusinya itu pake bahasa indonesia juga nggak kk?
    kalo boleh tau kak masalah TB/BB itu harus pas banget ya kak? kalo kurang/lebih sedikit itu dipermasalahin ga kak?

Leave a Reply

%d bloggers like this: