[Berbagi Cerita] Bangganya Melihat Anakku Jadi Pramugari Garuda Indonesia

13558172681695462904

Inilah anak saya yang menjadi pramugari Garuda Indonesia, namanya Renate Maya πŸ™‚

Tanggal 10 Juli 2012 adalah hari pertama anak saya, Renate Maya, mengikuti pendidikan flight attendant di Garuda Indonesia Training Center (GITC). Anak saya tergabung dalam batch 399, dalam sebuah batch biasanya terdiri dari 23 sampai 24 orang.

Dengan semangat yang menggebu-gebu, para calon pramugari ini mengikuti arahan yang disampaikan oleh kepala sekolah GITC. Selama lima hari mereka mengikuti pengarahan di Great Western Hotel, sebuah hotel berbintang empat, setelah itu barulah mereka memasuki dormitory (asrama) pada minggu berikutnya. Ada perasaan bangga saat saya melihat anak saya bersama para calon pramugari lainnya mengikuti pendidikan.

Bagaimana tidak merasa bangga? Semua fasilitas yang disediakan merupakan yang terbaik. Anak saya akan menjadi salah satu dari pramugari maskapai kebanggaan bangsa ini, yaitu Garuda Indonesia.

Selama pendidikan, mereka semua harus berjuang dengan baik. Mereka dituntut untuk mempelajari dan menguasai berbagai materi yang diberikan, antara lain: Cabin Practice, Safety Emergency Procedure, Safety Management System, Basic Indoc, Aviation Knowledge, Social Grace, Table Manner, Food and Beverage, Product Knowledge, Rules and Regulation, Crew Resources Management, dan juga Aircraft Visit.

1355817512676444078

Banyak sekali ya materi yang harus dipelajari calon pramugari Garuda Indonesia! Semuanya dalam Bahasa Inggris, lho…

Ini semua bukanlah masa-masa yang mudah, sebab lamanya pendidikan memakan waktu kurang lebih empat bulan. Belum lagi semua diktat materi yang diberikan, berbahasa Inggris semua lho! Setelah selesai diajarkan materi pun semua calon pramugari harus menghadapi ujian yang tidak mudah untuk dilewati. Nah, baru terbayang kan bagaimana sulitnya jadi pramugari?

Mungkin banyak yang berpikir menjadi pramugari Garuda Indonesia itu tidak sulit. Hanya bermodalkan wajah cantik dan bisa Bahasa Inggris, lalu percaya diri bisa lolos hingga tahap pendidikan selesai dan dilantik menjadi pramugari. Ternyata tidak demikian adanya. Menjadi seorang pramugari dituntut untuk bisa lulus semua materi yang diberikan. Selain itu, seorang pramugari juga dituntut harus bisa berperan layaknya seorang dokter, polisi, teman, dan sepasang mata tambahan bagi pilot yang menerbangkan pesawat.

Saking tidak mudahnya menjadi pramugari, banyak yang stress dan sampai mengulang tes karena tidak lulus pada ujian materi tertentu. Syarat kelulusan adalah nilai minimal 80 untuk setiap ujian. Bagi yang mengikuti tes ulang, harus bisa lulus itu pun dengan nilai yang lebih tinggi batas kelulusannya, yaitu 85. Puji Tuhan, anak saya tidak pernah mengulang tes (re-exam) dan bila boleh berbangga hati, anak saya menjadi satu-satunya murid di batchnya yang tidak menjalani ujian ulang selama masa pendidikan. Padahal dia adalah yang termuda di batchnya, tapi dia bisa melalui semua proses dengan baik.

13558173912021768722

Seperti inilah salah satu tempat pendidikan para calon pramugari Garuda Indonesia

Setelah semua materi diujikan, tibalah saatnya untuk mengikuti ujian komprehensif. Ini adalah ujian praktik keseluruhan materi yang telah diajarkan. Ujian ini juga dikenal dengan istilah β€œmock up performance” karena dilakukan di sebuah badan tiruan pesawat (mock up) yang suasana di dalamnya menyerupai kabin pesawat Garuda Indonesia. Setelah ujian ini selesai dilalui, barulah calon pramugari harus menghadapi ujian dari DKUPPU yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Ujian ini diperlukan untuk mendapatkan lisensi terbang. Wah, ada banyak ya ujian yang harus dihadapi oleh calon pramugari Garuda Indonesia!

~ to be continued ~

Use Facebook to Comment

comments

,
47 comments on “[Berbagi Cerita] Bangganya Melihat Anakku Jadi Pramugari Garuda Indonesia
  1. naah… ini ya yang perlu digaris bawahi , bahwa menjadi pramugari tidak harus ‘cantik’..
    jadilah seorang yang menarik.
    menarik tidak melulu melalui fisik..
    jadilah menarik melalui : attitude & brain

    yang jelas, saya lebih suka menggambarkan pribadi seorang cabin crew adalah mereka yang “lovable person”.
    lihat foto diatas, dari cara dia senyum semua pasti sudah bisa merasakan pribadi yang hangat dari sosok Renate πŸ™‚

  2. wow, what a great mother! you know everything about your daughter’s activity during the training.. you could explain all the details, the exact aviation terms for the training.. I was wondering how you could do that? do you always ask her about every little thing or did she just tell u every details? because your writing is perfect like you’re the one who did the training. salute!

    • Anak saya selalu cerita apapun yg dilakukan selama pendidikan, karena support dan doa orang tua itu sangat dibutuhkan selama pendidikan.

  3. Sama bu πŸ™‚ , anak saya juga sdh 10 + jadi pramugari, pramugari saudi arabia airlines, air asia, star air, expres air, sriwijaya, dan terakhir trigana air, dan thn 2008 diterima di garuda, cuma sampai medex dia mengundurkan diri,krn mendapat base di bali, sayang dia mau nya di jkt deket dgn mamah nya….hehe , selamat ya bu…..oh,ya, anak saya bernama nita. Dan sampai saat ini masih terbanggg…….

  4. Sama bu πŸ™‚ , anak saya juga sdh 10 thn lebih jadi pramugari, pramugari saudi arabia airlines, air asia, star air, expres air, sriwijaya, dan terakhir trigana air, dan thn 2008 diterima di garuda, cuma sampai medex dia mengundurkan diri,krn mendapat base di bali, sayang dia mau nya di jkt deket dgn mamah nya….hehe , selamat ya bu…..oh,ya, anak saya bernama nita. Dan sampai saat ini masih terbanggg…….
    Sekali lagi, selamat ya bu? Salam kenal. πŸ™‚

    • kebanyakan cuma jawab simple: “being a cabin crew is my dream since i was young…”
      karena gw pernah baca artikel punya seorang cabin crew senior, katanya jawaban seperti itu sudah didengar a million times sama para recruiter.

      bisa katakan: “personally i like experiencing different culture; with different people; at different places. i am the one who like working in a service industry. i feel happy when people satisfied with my service. And having known this cabin crew recruitment, i will not waste this good opportunity..”

    • waktu anak saya, ditanya motivasinya: walaupun masih usia muda bisa menjadi pramugari yg profesional dan dapat membanggakan orang tua serta bisa menjadi kebanggaan maskapainya.

  5. aku pernah ikutan test FA GIA..Interview bahasa inggris biasanya ada sessionnya juga,,tapi kalo mereka nanya pake bahasa inggris, sebaiknya dijawab pake bahasa inggris juga..
    bekas luka yang g boleh itu seperti luka jahitan,,trus kalo pun ada bekas luka yang laen gPP asalkan kemungkinan bisa tertutupi oleh uniform dan tidak terlalu mencolok..

  6. Pingback: [Berbagi Cerita] Perjuangan Maya Menjadi Pramugari Garuda Indonesia | Forum Pramugari

  7. halo,mbak renate maya!!! pa kabar???,,,oh iya mbak aq minta yah no hpnya,,,,tgl 5 maret 2013 mbak terbang bersama kami dari biak ke jayapura sekitar jam 5.45 WIT tapi aq gak sempat minta no hp mbak….nanti tolong yah mbak kirim ke emailku : vizel_martadinata@yahoo.com……

  8. Halo mau tanya apa benar setelah diterima jd pramugari semua ijazah asli pendidikan akan ditahan oleh pihak Garuda? Dan ada kontrak kerja selama 4 tahun? Terimakasih – Vania Novita @vaniyeay on twitter

  9. mau tanya nih , kalo misalnya sebelum ini aku pernah ikut competition sprti model atau dancer trus mnang dpat sertificat , jdi penunjang nggk sih kalo aku bwah ktika test FA GA pda thap awal? mksih

  10. tante anaknya flight attendant garuda ya? Boleh tanya2 ga kak? Aku soalnya bulan ini walk in interview di smg. mohon saran dan tipsnya ya tante .Bls ya tante. terimaksih, anita

  11. halo tante… sebelumnya selamat ya anaknya sudah menjadi pramugari Garuda πŸ™‚ aku mau nanya dong, pas lagi di interview biasanya ditanyain apa aja? sama ada test tertulisnya gitu gak? tolong dijelasin ya tante minta infonya…soalnya aku abis ijazah turun mau melamar juga jadi pramugari, supaya ada penerangan sedikit… bales ya tante, makasih πŸ™‚

  12. Untuk test medex-nya apakah ketahuan kalo sudah pernah punya anak? krn tetanggaku kasian dia single parent masih muda bgt.. ingin hidupi anaknya tp cuma ijazah SMA,berharap bisa jd paramugari mohon Infonya ya Admin Forum Pramugari.. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *