DFP: Selalu Gagal Interview

Hai, semuanya ^^ Kali ini inbox Forum Pramugari menerima surat dari pembaca bernama Kiky Violet. Curhatan Kiky kali ini tentang pengalamannya yang selalu gagal interview tahap lanjutan. Mungkin di sini ada juga yang pernah mengalami hal serupa dengan Kiky? Semoga jawaban DFP kali ini membantu ya~

Dear Forum Pramugari,

aku pengen tanya nih, aku tuh pengen banget jdi pramugari….
untuk tes awal aku selalu lolos, tp di tiap tes interview aq selalu gagal….
aku kurang sekali di bahasa inggris, gimana cara nya biar aq bisa fasih bahasa inggris ya??

Oh ya, umur saya september 2011 menjadi 20 tahun. tinggi badan saya 165 cm dan berat badan saya 52 kg, pendidikan terakhir saya SMK jurusan pariwisata… saya pernah daftar di lion air dan sampai tahap direksi, tp kemudian saya gagal untuk lanjut di tes berikut nya….
kendala saya itu hanya di inggris, inggris saya sangat kurang… bisa dibantu untuk bahasa inggris hehehe 😀

saya pernah bekerja di reska sebagai pramugari kereta api, dan sekarang saya bekerja di sebuah tour & travel….

mohon bantuan nya, terimakasih…

Forum Pramugari menjawab:

Kiky, kalau melihat profilmu sepertinya penampilan kamu cukup ideal mengingat kamu masih muda dengan tinggi dan berat badan yang masih dalam batas ideal. Latar belakang pendidikan dan pengalaman kamu juga berhubungan dengan customer service jadi sebetulnya kamu sudah ideal jadi pramugari dan profil seperti kamu ini banyak dicari maskapai penerbangan. Makanya nggak heran kalau kamu selalu dipanggil untuk tahap interview lanjutan.

Permasalahan sepertinya terletak pada bahasa Inggris kamu yang mungkin kurang bagus. Kalau kamu sendiri menyebut bahasa Inggris kamu sangat kurang, maka saya asumsikan kamu kurang percaya diri bahkan untuk berbicara dalam bahasa internasional satu ini ya. Padahal sebagai pramugari, baik domestik maupun internasional, bahasa Inggris merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi.

Kalau kamu masih berniat untuk ikut seleksi pramugari, perlancar bahasa Inggris kamu. Tidak perlu terlalu pusing soal grammar, yang penting kamu bisa lancar dulu memulai percakapan dalam bahasa Inggris. Tapi belajar saja nggak cukup kalau nggak dipraktekkan.

Coba kamu ajak temanmu berbicara dalam bahasa Inggris dan lihat sampai sejauh mana kamu bisa lancar berkomunikasi dengannya. Atau kalau kamu punya keberanian lebih besar lagi, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang ada bulenya, mulai dari Jalan Jaksa sampai halte busway dan coba ajak mereka ngobrol dalam bahasa Inggris. Kalau mereka mengerti maksud ucapanmu dan kamu bisa merespon balik omongan mereka, maka itu artinya bahasa Inggris kamu nggak buruk-buruk amat dan cuma perlu dipoles supaya makin lancar.

Selain bahasa Inggris, ada beberapa faktor lainnya yang juga memegang peranan penting dalam kegagalan interview kamu. Berikut ini daftar kemungkinan penyebab kamu gagal interview, coba kamu ingat-ingat apakah ada dari salah satu faktor ini yang mengganjal kamu:

* Kesan pertama yang buruk. Bisa jadi saat kamu datang interview, kamu merasa gugup banget dan saking gugupnya kamu nggak sadar sudah melakukan hal-hal yang menurut interviewer tidak pantas dilakukan. Misalnya, kamu duduk sebelum dipersilakan duduk. Duduk menyilangkan kaki. Mengulum permen. Terus-menerus merapikan rambut atau poni. Lupa memberi salam dan bilang terimakasih setelah usai interview. Beberapa bahasa tubuh bisa menunjukkan kepada mereka kesan yang kurang baik, apalagi kalau kebetulan salah satu interviewer sedang kurang baik moodnya entah karena ada masalah atau hal lainnya.

* Menjawab pertanyaan tidak tepat sasaran. Misalkan interviewer bertanya, “Ceritakan tentang dirimu” tapi jawaban kamu bertele-tele atau tidak sesuai harapan mereka. Atau pertanyaan tentang pengalaman kerja sebelumnya, kalau kamu menceritakan hal buruk/negatif tentang previous employer hampir bisa dipastikan kamu akan dicoret dari daftar calon pramugari mereka. Karena itu artinya, kemungkinan besar kamu bisa saja melakukan hal serupa tentang maskapai penerbangan tersebut seandainya kamu resign/ tidak lagi bekerja dengan mereka. Menjawab pertanyaan dengan tersendat-sendat juga bisa memberikan mereka kesan kalau kamu gugup atau menyembunyikan sesuatu. Mereka pasti akan bertanya-tanya dalam hati, bisakah orang seperti ini bekerja untuk melayani penumpang pesawat? Kuncinya untuk masalah satu ini pelajari tips dan trik menjawab pertanyaan interview, bisa lewat buku ataupun sumber-sumber di internet.

* Kamu tidak terlihat yakin dengan dirimu sendiri. Mulai dari bahasa tubuh, posisi duduk, interaksi dan tatap muka dengan para interviewer menunjukkan kalau kamu merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Hal yang sepele memang, tapi ketidakpedean itu bisa jadi bumerang buat kamu. Kalau kamu saja nggak percaya dengan dirimu dan kemampuanmu, bagaimana bisa meyakinkan interviewer kalau penumpang pesawat mereka bakalan merasa aman dan nyaman ditemani pramugari seperti kamu? Sebaliknya, terlalu percaya diri pun bisa jadi penyebab kegagalanmu. Jadi latihlah berkomunikasi dengan teman, seolah-olah kamu sedang menghadapi wawancara pramugari. Latihan akan lebih baik kalau dilakukan dengan frekuensi yang rutin dan bersama teman yang juga satu visi-misi ingin menjadi pramugari supaya kalian bisa saling menilai satu sama lain.

* Belum jodohnya bekerja di sana. Ini yang dinamakan faktor X (keberuntungan), kelau memang kamu sudah melakukan yang terbaik tapi belum juga diterima, itu artinya pekerjaan itu bukan rejekimu. Bukan berarti kamu harus melupakan impianmu jadi pramugari. Tapi barangkali saat itu bukan waktu yang tepat untukmu, menurut Tuhan. Atau bisa saja kamu digariskan menjadi pramugari di maskapai penerbangan yang lebih baik. Jadi jangan patah semangat ya. Terus latih bahasa Inggrismu dan buat prestasi di tempat kerjamu sekarang supaya bisa mempercantik CV kamu di kemudian hari. Sisanya, serahkan ke tangan Tuhan dan yakinlah kalau Dia sudah menyiapkan yang terbaik buat kamu. Oke? ^^

Semoga jawaban Dear Forum Pramugari (DFP) kali ini bisa membantu kamu dan juga yang lainnya dengan pengalaman serupa ya. Buat yang mau kirim curhatan atau berbagi pengalaman seputar interview, tips sukses ataupun cerita bahagia diterima jadi pramugari, bisa kirimkan tulisan kalian lewat email ke forumpramugari@gmail.com supaya yang mampir di sini bisa membaca dan tulisannya bisa bermanfaat buat kita semua. Terimakasih 🙂

Use Facebook to Comment

comments

19 comments on “DFP: Selalu Gagal Interview
  1. Dear Forum POramugari,

    Saya punya putri, sekarang umur 14 Tahun, Tinggi 170cm berat badan 60 Kg. ia baru mau lulus smp. ia ingin sekali menjadi pramugari. saya mohon sarannya, apakah ada sekolah pramugari setingkat SLTA?

    terima kasih.
    Frets dan Putri

  2. dear frats, sy mencoba menjawab pertanyaanmu. Sekolah pramugari saya rasa ada. tp apakah tdk merasa sayang untuk tdk melanjutkan dulu sekolah, hingga kuliah? Jika tidak S1, setidaknya D3. Sy yakin ini akan lebih berguna untuk putri anda. Mengingat bahwa usianya yg masih sangat muda, sy lebih yakin untuk saat ini dia lebih butuh sekolah dulu. Lagipula pendidikan tinggi “lebih menjamin” untuk dia kok. Setelah selesai kuliah, dengan usia min.21 tahun, dia bs melamar ke maskapai asing, cthnya: singapore airlines. Atau setidaknya setelah lulus SMA, dia bs melamar ke maskapai lokal seperti garuda atau maskapai asing yg mengijinkan lulusan sma seperti Cathay pasific. Sambil menunggu sekolahnya “selesai”, anda bisa merencanakan kurus bahasa dan kepribadian untuk putri anda.. Ini saja tips dari sy, semoga berguna… cheers

  3. saya seorang siswi Sebuah SMA Negeri,, saya skrang duduk dikelas 3 dan sedang bersiap2 menghadapi unas… cita2 sya dari kecil adalah pramugari,, tinggi saya saat ini 163 dan berat 49,5.. sya trmasuk siswa berprestasi disekolah, slalu aktif berorganisasi, pernah menjabat menjadi ketua osis 2, baik dlam berkomunikasi, lancar berbahasa inggris, aktif dlam mnyalurkan bakat dlam diri sya dan sya mmpunyai bnyak prestasi seni, hingga sya dpat msuk SMA tnpa tes dengan jalur prestasi. tapi stelah sya periksa mata, trnyata mata sya minus 1.50.. apakah sya masih bisa memenuhi kriteria menjadi pramugari?? mohon jwabanya…

    • Hai Niluh, dilihat dari profilemu menurutku kamu cocok banget buat jadi pramugari. Kamu berprestasi, percaya diri dan bisa berbahasa Inggris aktif. Untuk menjadi pramugari, tentu saja kamu harus bisa memenuhi syarat2 yang ditetapkan oleh maskapai yang mau kamu lamar. Saranku sesudah lulus SMA kamu kuliah dulu dan sambil studi kamu cari pekerjaan sampingan yang berhubungan dengan hospitality. Misalnya kerja sampingan di restoran atau kerja di hotel sebagai penyambut tamu. Ini bagus buat CV kamu nantinya saat melamar jadi pramugari. Tapi kalaupun kamu mau langsung mengejar karir sebagai pramugari selepas SMA, pilihan maskapainya terbatas. Maskapai domestik bisa dicoba karena syarat minimumnya memang SMA. Sementara sebagian besar maskapai luar negeri menetapkan syarat mininum diploma (Korean Air) dan Bachelor (Singapore Airlines). So pilihannya ada di tangan kamu mau menempuh dengan cara yang mana. Untuk urusan minus mata, itu masih bisa ditolerir kok selama kamu mengenakan soft lense (tidak berwarna) saat ikut interview. Hanya saja aku kurang tahu apakah minus 1,5 masih bisa ditolerir oleh tim rekrutmen Garuda Indonesia atau tidak. Soalnya untuk urusan kesehatan mereka cukup ketat.

      Itulah penjelasanku, semoga membantu ya..

  4. iya.. makasih banyak mbak…
    aku juga skarang udah mlai berusaha buat tmbah tnggi n minum vitamin buat mengurangi minus mataku. planing awal aku mau coba ikutan tes di bina avia persada. aku cuma takut pas psikologi interview mbak. ada kiat-kiat khusus buat menghadapi tes interview nggak mbak???

  5. aq sukma cita-cita saya pengen banget jadi pramugari. tinggi ku 165 berat badan 46kg bahasa inggris cukup bisa juga bisa berenang dan sekarang saya masih kelas 2 SMA.Discol saya juga berprestasi selalu ikut 5 besar. aq mau tanya apakah jadi pramugari sebelum melamar harus scol pelatihan agar dapat diterima?jawab please i very need whit your answer.thanks

  6. saya sukma masih kelas 2 SMA.tinggi 165 and berat 46kg dan bhs inggris rumayan bisa berenang pun bisa.tyuusss yang mau q tanyain apakah jadi pramugari itu harus scol pelatihan dulu sebelum melamar?please i need with your answer.thanks

  7. Nama saya yulianipurnamasari ,umur saya 20 tahun. Tinggi saya 165, berat badan saya 50 .. Waktu itu saya pernah ikut test pramugari d training center tepatnya di jln.raya duri kosambi. Saya hanya lolos sampe tahap psikotes.. Saya skrg bekerja di lounge salah satu bank.. Skaligus receptionist .aku mau nanya.. Saat aku test perfomance sempat ada rsa pesimis ktika tau klo stocking harus d lepas. Krna d bagian betis kaki ku ada bekas luka . Dan kulit ku jg rada sensitive klau terkena benda apa aja. Bgaimana dngan maslah ini mba ? Thanks 😀

  8. hai…nama aq Tsara,,umurku 20tahun..aq bertekad+cita cita ingin jd seorang pramugari karna english speakingqu lumayan baik tp tinggiku cuma 156cm…aq mau nanyain solusinya gmana yaa?stiap smggu 3kali aq brenang,dan saya berniat ikut otopedi…tlong share sarannya yaa…thankyou before..

  9. thn 2001 pernah ingin melamar jd pramugari tapi tetangga bilang kudu perfek english. nah sekarang yg saya liat di twitter itu, para pramugari punya grammar english yg sgt hancur di saat bikin sebuah kalimat!!! sekarang pertanyaan sy adalan dimana letak perfeknya itu??? M akademi bahasa asing (jerman&inggris)

  10. mutu pramugari indonesia agak kurang bagus! di luar negeri (jerman) butuh waktu 3 tahun utk menjadi pramugari yg berkualitas.

  11. mbak aku mau bgt jd pramugari, pernah coba di GA tp gak lolos krn waktu itu ada bekas luka di kaki ku. skrg udah bersih, mau coba lagi, tp blm lama temenku bilang kl kaki ku itu X. kira2 dgn kaki ku yg seperti ini bisa masuk gak ya mbak? thnks 🙂

  12. hai namaku Nadya. aku pengen banget jadi pramugari krna itu cita” ku dridulu. aku pernah kuliah diluar tapi hanya smpai diploma (D-1) saja yg ku ambil. sekarang lagi usaha untuk ngecilin badan aja krna memang yg satu ini belum masuk requirements. hehehe.. kira” kalau hanya pendidikan diploma saja, bisa diterima nggak ya ? apalagi saya belum pernah bekerja sebelumnya.

  13. @forum pramugari : saat ini saya sedang mengikuti tes pramugari di lion air,,saya akan interview bsok..interview utk pramugari itu seperti apa ia???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *